Artikel Mago "Cara Belajar yang Efektif"

 Cara Belajar yang Efektif

Mago Reader! Mengingat ujian tinggal seminggu lagi, usahakan ketika belajar di kelas belajar kelompok atau belajar di tempat les anda harus benar benar fokus, boleh kadang bercanda hanya sekedar untuk melepas penat dan biarlah otak kita beristirahat sejenak. Nah, Mago akan memberikan sedikit tips buat kamu. Semoga bermanfaat yaa.


1.Pilih Waktu Belajar yang Tepat Dengan pemilihan waktu yang tepat, otak kita dapat mencerna dan mengingat lebih tajam daripada biasanya. Usahakan jangan belajar pada saat badan lelah dan sakit. Itu membuat belajar jadi tidak efektif dan merambat ke hal-hal negatif. seperti terserang penyakit. Waktu yang pas untuk belajar adalah saat pagi hari. Karena otak kita yang fresh, siap menangkap berbagai hafalan dengan lebih mudah.  

2.Bangun Suasana Belajar Yang Nyaman Buatlah suasanan yang nyaman untuk belajar. Kalian bisa memvariasikannya sesuka hati kalian. Bisa dengan belajar bersama teman-teman atau sembari mendengarkan musik.  

3.Memahamilah, bukan menghafal Saat kau menghafal, kau belum tentu memahaminya bukan? Tapi saat kau memahaminya, pakai secara otomatis kau akan menghafal.

 4.Buat kata-kata kunci Jika kita mempunya hafalan yang banyak, dengan adanya kata-kata kunci, kita dapat dengan mudah menghafal suatu pembahasan. Contohnya: Hj liNa Kawin Robi Cs Frustasi (Golongan IA pada tabel periodik). Dan lebih baik kata kunci tersebut dibuat sendiri oleh kalian. Sehingga lebih mudah lagi dalam menghafalnya.

 5.Pelajari kembali dengan menjawab soal Setelah mempelajari suatu pembahasan, alangkah bijaknya jika kita menjawab soal-soalnya. Selain melatih ingatan kita, juga bisa menjadi acuan untuk menjawab soal-soal lain yang hampir serupa.  

6.Jangan lupa istirahat Setelah belajar, otakpun butuh istirahat. Jangan memaksakkan diri jika kalian sedang dalam kondisi tidak nyaman dalam belajar. Justru semakin kita memaksakan diri, semakin pelajaran itu susah dipahami dan dihafal.  

7.Flashback tugas dan ulangan Melihat kembali tugas-tugas dan ulangan-ulangan sebelumnya juga merupakan proses belajar. Coba lihat kembali dimana kalian melakukan kesalahan dan carilah jawaban yang benar. Siapa tahu apabila soal tersebut termasuk dalam soal yang diujikan, kalian sudah siap untuk menyelesaikannya dengan benar.  


8.Bersikap Proaktif Proaktif adalah suatu sikap yang beranggapan bahwa kita sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam hidup ini, termasuk dalam menghadapi ujian. Yakinlah bahwa kerja keras dan usaha keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil. Dalam menyikapi standar minima misalnya, justru yang terbaik adalah kita sendiri membuat patokan standar nilai minimal. Misalnya, menargetkan 7,01 atau 8,01 sehingga yang muncul adalah tantangan bukan beban.

 Segitu ya Mago Reader! Semoga bermanfaat buat Mago Reader semuanya. Mago do'a kan semoga Mago Reader mendapatkan nilai yang memuaskan saat ujian nanti. Merci beaucoup!