Artikel Mago "10 Musisi Paling Berpengaruh Sepanjang Masa"

10 Musisi Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah

I was born with music inside me. Music was one of my parts. Like my ribs, my kidneys, my liver, my heart. Like my blood. It was a force already within me when I arrived on the scene. It was a necessity for me-like food or water.
-Ray Charles





Halo MagoReaders!
Apa kabar? Sekarang Mago mau membahas tentang musik nih. Tentunya Mago yakin bahwa 99,99% manusia di muka bumi pasti menyukai musik. Bahkan organisme lain selain manusia pun suka musik. Seperti binatang dan hewan. No music, no life.
Sekarang Mago mau membahas tentang 10 Musisi Paling Berpengaruh Sepanjang Masa. Beliau-beliau inilah yang membuat musik menjadi semakin berwarna dan menarik saat ini. Berikut profilnya;




1. Ludwig van Beethoven (1770-1827)




Ludwig van Beethoven (dibaptis 17 Desember 1770 di Bonn, wafat 26 Maret 1827 di Wina) adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal. Namun, pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli. Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah.


2. Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791)



Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart (lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 – meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun) adalah seorang komponis. Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflöte. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Köchel-Verzeichnis.


 3. Jimi Hendrix (1942-1970)


James Marshall "Jimi" Hendrix (lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat, 27 November 1942 – meninggal di London, Inggris, 18 September 1970 pada umur 27 tahun) adalah musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris dan tokoh budaya Amerika. Ia sering disebut sebagai salah satu pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock.


 4. Ravi Shankar (1920 - Sekarang)




Ravi Shankar (lahir 7 April, 1920, di Varanasi, Uttar Pradesh, India) adalah seorang komposer India yang terkenal karena kepiawaiannya memainkan sitar. Ia adalah murid dari Allauddin Khan (pendiri sekolah musik klasik India, Maihar Gharana), Pandit Ravi Shankar adalah seorang instrumentalis India yang terkenal dengan karya rintisannya yang membawa kekuatan dan pesona musik klasik tradisi India ke dunia Barat. Ini dilakukan melalui kerjasamanya dengan The Beatles khususnya George Harisson dan juga karena kharisma pribadinya sendiri. Karier musiknya merentang selama lebih dari enam dekade dan Shankar baru-baru ini memegang Rekor Guinness untuk karier internasional terlama.


 5. Yehudi Mennin (1916-1999)




Yehudi Menuhin menjadi terkenal sebagai pemain biola berbakat pada usia dini. Ia mempertunjukkan konser biola pertamanya di hadapan publik pada usia 7 tahun. Ia juga memimpin orkestra dan mengadakan festival musik. Tahun 1963, ia mendirikan sekolah musik di Inggris untuk anak-anak berbakat. Lahir di New York, A.S., ia pindah ke Inggris tahun 1959 dan tinggal disana sampai akhir hayatnya.


6. George Gershwin (1898-1937)


George Gershwin (26 September 1898–11 Juli 1937) adalah komponis dan penulis lagu asal Amerika Serikat. Hampir seluruh karyanya diciptakan bersama kakak laki-laki tertuanya, penulis lirik Ira Gershwin. George Gershwin menulis karya musik untuk teater Broadway dan gedung konser musik klasik di Eropa, dan juga sukses sebagai penulis lagu pop. Karya musik Gershwin sering dipakai sebagai musik latar film layar lebar dan serial drama televisi. Selain itu, sebagian lagu ciptaan Gershwin menjadi lagu jazz standar. Penyanyi jazz Ella Fitzgerald dengan penulis aransemen Nelson Riddle merekam sejumlah lagu ciptaan Gershwin yang dikemas dalam album Gershwin Songbook (1959). Selain itu, masih banyak musisi dan penyanyi lain yang merekam karya-karya Gershwin, di antaranya: John Coltrane, Frank Sinatra, Billie Holiday, Miles Davis, Herbie Hancock, Judy Garland, Nina Simone, John Fahey, dan Sting.


 7. Heitor Villa Lobos (1887-1959)


Heitor Villa-Lobos (Rio de Janeiro, 5 Maret 1887-17 November 1959) adalah komponis Brasil. Kebanyakan karyanya memuat unsur musik rakyat Brasil, namun ia juga menggunakan unsur gaya musik impresionisme, ekspresionisme, barok, dan klasik. Villa-Lobos adalah komponis musik klasik dari Amerika Selatan yang paling terkenal.


8. John Michael Osbourne (1948 - Sekarang)



John Michael Osbourne, lebih dikenal sebagai Ozzy Osbourne (lahir di Aston, Birmingham, West Midlands, Inggris, 3 Desember 1948; umur 63 tahun), merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Inggris. Ia adalah vokalis grup musik heavy metal Black Sabbath yang terkenal pada tahun 1970-an.



 9. Johann Sebastian Bach (1685-1750)




Johann Sebastian Bach (lahir di Eisenach, Jerman, 21 Maret 1685 – meninggal 28 Juli 1750 pada umur 65 tahun) adalah seorang komponis Jerman . Ia menggubah musik untuk alat musik organ, harpsichord dan clavichord, dan juga untuk orkestra. Karyanya yang paling terkenal adalah Brandenburg concerto.




10. Bob Marley (1945-1981)



Robert Nesta "Bob" Marley (lahir di Nine Mile, Saint Ann, Jamaika, 6 Februari1945 – meninggal di Miami, Florida, Amerika Serikat, 11 Mei 1981 pada umur 36 tahun) adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, dan musisi reggae berkebangsaan Jamaika. Bob Marley sampai saat ini dikenal di seluruh dunia sebagai musisi reggae yang paling tersohor dalam dunia musik reggae. Dia diakui perannya dalam memopulerkan dan menyebarkan musik Jamaika dan Gerakan Rastafari ke seluruh dunia. Bob Marley adalah gitaris, vokalis, dan pencipta lagu dalam grup musik The Wailers (1964–1974) dan Bob Marley & The Wailers (1974–1981) yang beraliran ska, rocksteady dan reggae.
Yap, itulah musisi-musisi paling berpengaruh sepanjang masa. Kita patut berterimakasih kepada beliau-beliau atas jasa dan pengaruhnya yang begitu besar dan hebat dalam dunia permusikkan dunia. Sekian artikel 10 Musisi Paling Berpengaruh Sepanjang Masa dari Mago. Keep calm because music is the life itself. See ya!