Artikel Mago "All About Shuffle Dance"

 All About Shuffle Dance





Tahukah Mago Readers dari mana sejarah shuffle dance itu berasal?

Sejarah Shuffle Dance 
Dikenal dengan nama clog dancing, dimana alas kaki yang digunakan merupakan sepatu kayu (clog), jenis tarian ini dimulai lebih dari 800 tahun yang lalu oleh para pelaut yang merasa bosan dengan kehidupan di atas kapal. Dengan ruangan yang terbatas, gerakan clog dancing lebih memfokuskan pada kaki ketimbang bagian tubuh lainnya.
Pada periode 1960-an hingga 1980-an, clog dancing yang juga dikenal dengan istilah stomping ini menjadi tarian yang populer di Melbourne, Australia, sehingga disebut The Melbourne Shuffle/Shuffle Melbourne berkat kebangkitan tarian tradisional rakyat disana.


Asal-usul dari nama "Shuffle Melbourne" tidak diketahui. Istilah ini pertama kali dibawa ke perhatian publik kala personil Sonic Animation (grup dance Aussie) yang bernama Rupert Keiller diwawancarai oleh TV di Sydney. Kala ditanya gerakan apa yang ia lakukan, Rupert Keiller menjawabnya sebagai "Melbourne Shuffle". Pada bulan Desember 2002 The Age, sebuah surat kabar Australia, membuat penyebutan istilah dalam artikel halaman depan, mencoba untuk menggambarkan apa itu Shuffle Melbourne dan mulai saat itu shuffle dance populer dikalangan masyarakat.

"Everyday I’m shuffelin..."

Sejarah shuffle udah Mago jelasin, sekarang mari kita mengenal lebih jauh mengenai gerakan-gerakan pada shuffle dance ini.
Gerakan kunci shuffle dance terletak pada kaki, dimana kaki menghentak ke lantai sesuai dengan ketukan lagu yang mengiringi ditambah dengan tendangan, putaran atau trik-trik lainnya. Improvisasi dalam gerakan kaki ini dikenal dengan istilah shuffling. Nah, pada dasarnya, tidak ada gerakan tetap dalam melakukan shuffling. Tarian ini merupakan gerak bebas dari folk dance dimana para shufflers bebas untuk menciptakan atau mengeksplorasi gerakan lainnya. 


Meski begitu, shuffle dance emang mempunyai beberapa gerakan dasar. Basic step shuffle itu diantaranya adalah running man dan T step . Running man adalah gerakan dua langkah jalan di tempat tapi nggak maju-maju. T-step adalah gerakan shuffle itu sendiri yang terbagi menjadi beberapa jenis. Ada juga hard style, yang kalau menari kakinya diangkat lebih tinggi seperti menghentakkan kaki. Old style yang katanya asli gaya Melbourne shuffle, yang tidak buru-buru, banyak T step -nya dan lebih flooping. Ada juga Malaysian style, yang gerakannya seperti running man, tetapi hanya satu langkah saja. Mereka menggunakan badan yang didorong ke depan dan mengayun. Waah.. pokoknya masih banyak lagi gaya dan gerakan-gerakan shuffle dance lainnya!

LMFAO - Party Rock Anthem
Untuk jenis musiknya, berbagai macam genre musik dapat mengiringi tarian ini, namun musik yang beralunan cepat dengan beat 130-150 bpm cenderung lebih diminati. Contoh musiknya tuh kayak lagu dari LMFAO yang judulnya Party Rock Anthem.
Nilai plus dari shuffle dance adalah tarian ini terbuka untuk semua orang, pria dan wanita, serta tidak terbatas pada umur, karena shuffle merupakan tarian yang menitikberatkan pada kebebasan berekspresi para shufflers-nya. Jadi, semakin shuffle dance membebaskan kita untuk berimprovisasi dengan gerakan-gerakan yang kita inginkan.

Perkembangan Shuffle Dance

Shufflers telah mengambil bentuk seni mereka dan diri ekspresif gaya tari di luar negeri dan merupakan pemandangan biasa terlihat di pesta rave di Inggris, Jerman, Malaysia dan juga Thailand, di mana shufflers dapat dilihat mengocok di pantai-pantai Koh Phangan selama Kendali Moon Beach Party. Internet juga telah menjadi faktor dalam penyebaran pengetahuan dan minat shuffle. 

Shuffle dance di Indonesia
Di Indonesia sendiri, tarian ini mulai dikenal luas pada 2006 walaupun dengan jumlah komunitas yang masih sangat sedikit. Namun, beberapa tahun kemudian, pada 2009 shuffle dance kembali marak di tanah air dan bahkan menjadi tren tarian baru. Banyak komunitas shuffle dance terbentuk dan menggelar beragam ajang shuffle meet up diberbagai wilayah di tanah air.
Nah, sekedar info saja, shuffle dance ini selain terlihat cool dan bisa dilakukan siapa saja, dalam gerakannya juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh seperti mengurangi berat badan, karena ber-shuffle selama 10 menit bisa disamakan dengan latihan treadmill selama 30 menit lho! Selain itu, shuffling juga dapat melatih keseimbangan tubuh. Jadi, selain menyalurkan hobi ngedance Mago Readers, ber-shuffling ria juga baik buat kesehatan. Let’s go shuffling then and stay tune on Mago Magazine! Ciao!

"everi dey em safelinnn..." #nyanyi

 (al) dari berbagai sumber