Manfaat Berpuasa Bagi Tubuh Kita






Bulan Ramadhan tengah kita hadapi bersama. Di bulan penuh berkah ini kita diwajibkan untuk menahan lapar, haus dan hawa nafsu kita dari mulai matahari terbit hingga sang surya tenggelam di langit barat. Semua itu membuat kita dapat mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta.
Jujur aja nih, kita pasti sering merasa kelaparan dan kehausan saat menjalani puasa. Itu pasti terjadi karena memang merupakan reaksi alami yang dilakukan oleh tubuh saat tidak menerima asupan makanan dan cairan selama lebih kurang 14 jam. Tapi tenang deh, karena berpuasa, tubuh kita juga otomatis mengistirahatkan organ-organnya dan hal itu baik untuk kesehatan.
Mago Readers, di artikel ini, Mago akan share beberapa manfaat dan efek puasa yang kita lakukan terhadap tubuh kita. Artikel ini mudah-mudahan membuat kita untuk mengetahui hal-hal lain yang berkaitan kebaikan puasa di bulan Ramadhan. Biar Mago Readers tambah semangat juga deh menjalankan puasanya. Dibaca, ya.
Berpuasa

Puasa bukan hanya dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Agama lain pun mempunyai ritual ibadah puasa meski dalam cara dan pelaksanaan yang berbeda. Namun pada intinya, puasa dianggap dapat mendekatkan diri kita terhadap Tuhan. Selain itu, yang dapat kita perhatikan, puasa mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh. Sudah banyak sekali ahli kedokteran yang setuju bahwa puasa adalah salah satu cara detoksifikasi dari racun-racun yang ada di tubuh kita. Philippus Paracelsus, seorang fisikawan dan guru besar kedokteran dari Swiss, juga berujar kalau berpuasa adalah cara terbaik untuk mengobati segala penyakit di dalam tubuh. Bahkan seorang Plato pernah berkata bahwa puasa adalah cara untuk mengobati sakit fisik dan mental.

Philippus Paracelsus

Di Amerika Serikat, ada sebuah pusat kesehatan yang menggunakan metode puasa sebagai metode pengobatannya. Pusat kesehatan ini sudah berdiri selama 35 tahun dan mempunyai banyak peminat dan pasien dari berbagai negara. Pasien-pasien datang karena telah terbukti dengan berpuasa, tubuh mereka dapat menjadi lebih baik dan sembuh dari penyakit. Wuh, hebat ya manfaat dari puasa.

Mekanisme Puasa Terhadap Tubuh

Well, kita sudah tahu bahwa puasa memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita. Naaah, kita mesti tahu juga nih secara pastinya, efek apa saja sih yang tubuh kita dapat rasakan dengan berpuasa. Kita juga perlu tahu bagaimana mekanisme puasa yang kita jalani dapat berdampak positif terhadap kondisi fisiologis tubuh kita. Ternyata banyak lho manfaat dari puasa. Disimak ya di bawah ini.

1.  Dengan berpuasa, kita dapat mengistirahatkan organ-organ dalam tubuh kita. Saat tidak berpuasa,organ pencernaan kita seringkali bekerja keras dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah saat berpuasa adalah waktu yang tepat untuk mengistirhatkan sejenak organ-organ pencernaan dari pekerjaan mereka sehari-hari. Biar enggak terlalu capek, kasian juga kan. Hehe.




2.  Puasa dapat membersihkan tubuh dari racun dan kotoran. Istilah kerennya tuh, detoksifikasi. Saat kita berpuasa praktis tidak ada asupan makanan yang masuk, kemudian tubuh akan membakar seluruh cadangan makanan untuk kebutuhan energi. Nah, pada proses inilah detoksifikasi bekerja. Karena detoksifikasi terjadi ketika makanan tidak lagi masuk ke tubuh dan tubuh mengubah simpanan lemak menjadi energi. Proses ini menghilangkan zat kimia dari asam lemak ke dalam sistem pencernaan dan kemudian dikeluarkan lewat organ pembuangan. Puasa yang kita lakukan memaksimalkan proses detoksifikasi, karena tubuh yang menghetikan asupan kalori dapat menghasilkan enzim antioksidan. Seperti yang kita ketahuienzim antioksidan dapat membersihkan zat-zat racun dan karsinogen (zat pemicu kanker) keluar dari dalam tubuh.


3.  Puasa bermanfaat menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh. Kita semua sudah tahu kan bahwa sel darah putih di dalam tubuh kita berfungsi sebagai unsur utama dalam sistem kekebalan tubuh. Kabar baiknya, ketika berpuasa, sel darah putih dalam tubuh kita bertambah banyak. Pada minggu pertama puasa memang belum ditemukan pertumbuhan sel darah putih. Namun, mulai hari ketujuh (minggu kedua), penambahan sel darah putih bertambah pesat sekali. Bertambahnya sel darah putih dalam tubuh kita tentu meningkatkan daya tahan tubuh dari segala penyakit.



4.  Puasa yang kita lakukan dapat memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh. Di dalam tubuh kita tuh, hormon diproduksi oleh kelenjar endokrin dan hipofisis sebagai reaksi tubuh terhadap berbagai tekanan dan stres lingkungan. Kalau kita kekurangan hormon ini, tentu akan berdampak negatif terhadap kesehatan. Contohnya, kekurangan hormon insulin dapat berakibat munculnya penyakit diabetes. Terus, bagaimana puasa bisa memperbaiki hormon tersebut? Begini, saat berpuasa, kita diwajibkan menahan rasa amarah kita dan kita juga menjadi lebih bersabar, otomatis deh hal tersebut dapat menekan kadar stres yang merupakan penyebab terkurasnya hormon dalam tubuh. Dengan berkurangnya kadar stres, maka fungsi hormon dapat berjalan normal.


Tuuuh, sekarang sudah tahu kan bahwa berpuasa menyimpan banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Sebenarnya sih banyak sekali manfaat yang kita dapat dari berpuasa, tidak hanya dari apa yang tertulis di artikel ini saja. By the way, karena kita sudah tahu nih beragam manfaat berpuasa bagi tubuh kita, maka sudah seharusnya kita menjalankan puasa dengan ikhlas dan sepenuh hati. Agar puasa yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tetap semangat, tetap sehat, tetap baca Mago Magazine yaa, Mago Readers! (al)