Artikel "Mereka (Biasanya) Selalu Ada"

Mereka (Biasanya) Selalu Ada




Masa Orientasi Siswa akan segera dilaksanakan. Baik pengurus OSIS maupun peserta didik baru bersama-sama menjalankan kegiatan di awal tahun ajaran baru ini. Kegiatan yang mengutamakan proses adaptasi peserta didik baru ini akan berlangsung mulai dari hari Senin, 9 Juli sampai dengan hari Rabu 11 Juli 2012.

Bicara soal MOS tentunya juga menyangkut segala peralatan yang menjadi  tugas yang harus dikerjakan peserta didik baru. Kita semua tahu, saat MOS kita ditugaskan untuk membuat berbagai peralatan yang wajib dibawa dan dikenakan pada saat pelaksanaan MOS. Macam-macam deh tugasnya. Ada tas dari karung, pita berwarna-warni, tali sepatu dari rafia, dan sebagainya.
Naaaah, di artikel kali ini, Mago akan bahas benda-benda yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat beragam peralatan. Apa saja kah itu? Yuk, dilihat di artikel kali ini.

1. Kardus

Kardus menjadi barang yang sering digunakan sebagai bahan membuat peralatan. Biasanya kardus digunakan sebagai rompi yang melingkar di badan. Kardus bekas juga dapat dipakai untuk membuat sandal. Pembuatan rompi dan sandal mengharuskan kita menggunakan pisau dan benda tajam lainnya untuk memotong kardus yang telah disiapkan. Jadi, berhati-hati ya, Mago Readers!

2. Karung

Saat MOS, segala peralatan yang telah ditugaskan atau pun alat tulis yang diperlukan diwajibkan untuk dibawa saat pelaksanaan kegiatan. Untuk itu peserta didik memerlukan sebuah tas untuk menampung semua peralatan tersebut. Nah, di saat MOS ini, tas kain maupun kulit yang biasa kita pakai biasanya diganti dengan menggunakan karung goni. Eh sebelum dipakai, dihias dulu yaa karung goninya.

3. Kertas Karton

Kertas karton saat MOS dimanfaatkan untuk papan nama maupun perlengkapan lainnya. Kertas karton yang digunakan biasanya yang berwarna cerah supaya tulisan yang ada dapat dilihat dengan baik.

4. Pita


Ini nih benda yang sering digunakan saat MOS. Biasanya sih digunakan oleh peserta didik baru untuk dipakai mengikat rambut. Dipakainya oleh perempuan ya, bukan laki-laki. Hehe.

5. Sumbu Kompor



Lho, sumbu kompor? Kenapa enggak pakai tabung gas 3 kilogram aja?
Haduh, sumbu kompor itu bukan buat masak. Sumbu kompor disaat MOS digunakan sebagai tali untuk peralatan yang membutuhkan tali pengikat. Contohnya rompi dan tas. Bisa juga lho sumbu kompor digunakan di kepala. Tapi jadinya rambut reggae. Terus nyanyi deh noo women no cry. Cocok. Hehe.

6. Tali Rafia


Hampir-hampir mirip kegunaannya dengan sumbu kompor, yaitu sebagai pengikat benda. Namun, tali rafia lebih sering digunakan sebagai tali pengganti tali sepatu.

7. Koran Bekas

Koran bekas adalah benda yang paling mudah digunakan untuk membuat perlengkapan MOS. Selain banyak tersedia di rumah kamu, juga karena cara membuatnya yang tergolong mudah. Tinggal dilipat-lipat, jadi deh benda yang ingin dibuat. Biasanya koran bekas digunakan untuk membuat topi dan perlengkapan kecil lainnya.

Sip. Itu dia berbagai benda yang sering digunakan pada saat Masa Orientasi Siswa. Mago enggak tahu apakah benda-benda tersebut akan kamu butuhkan di MOS kali ini. Ya mudah-mudahan artikel ini mempunyai manfaat buat kamu.

By the way, peralatan yang ditugaskan untuk kamu kerjakan mempunyai arti masing-masing lho. Semua memiliki nilai yang ada dalam bentuk benda tersebut maupun proses pembuatannya. Tapi, nilai yang utama dari diadakannya berbagai tugas tesebut adalah untuk menumbuhkan kreativitas kamu dalam mendaur ulang barang bekas menjadi suatu benda yang dapat digunakan. Be creative ya, Mago Readers! (al)


Sumber foto: google