Artikel: Gaya Pacaran Sehat di Bulan Ramadhan

Gaya Pacaran Sehat di Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan telah tiba!
Di bulan ini kita wajib mengisi hari-hari dengan lebih banyak beribadah dan memperbanyak amalan kita. Selain itu, kita juga wajib menjaga hawa nafsu agar puasa kita enggak batal dan menjadi menjadi lebih berkah.

Ngomong-ngomong soal menjaga hawa nafsu, Mago mau nanya deh khususnya buat yang punya pacar. Kalau lagi bulan puasa kayak sekarang gini, bagaimana sih gaya pacaran kalian? Diubah atau masih tetep kayak sebelum Ramadhan? Well, Mago mau kasih saran aja untuk lebih menjaga jarak dan merubah gaya pacaran antara kamu dengan si dia di bulan suci ini. Merubahnya dengan mengganti kegiatan yang biasa kalia berdua lakukan dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

Nah, di artikel kali ini, Mago mau kasih saran tentang kegiatan yang jangan kamu lakukan dan kegiatan yang lebih baik kamu dan si dia kerjakan dalam mengisi bulan Ramadhan.

Jangan!

SMS sayang-sayangan.


SMSan dengan pacar emang enggak ngebatalin puasa kamu kok. Tapiii, coba deh untuk enggak dulu bilang sayang-sayangan saat SMSan di bulan Ramadhan ini. Hindari juga kata-kata mesra yang biasa kamu ucapkan ke dia. Yaa untuk menjaga hawa nafsu saat kamu berpuasa. Tahan dulu gombalannya, oke?

Mending…


SMS hadist dan ayat Qur’an.



Daripada kamu bilang cinta-cintaan di SMS sama pacar kamu, mending ganti deh dengan sering kirim SMS tentang isi suatu hadist atau ayat Qur’an. Atau bisa juga kamu sering-sering SMS ngingetin si dia untuk shalat tepat waktu dan rajin-rajin baca Qur’an. Lumayan kan bisa buat si pacar jadi tambah shaleh. Hehe.

Jangan!

Pegangan tangan.


Plis deh plis. Pas lagi bulan Ramadhan, jaga nafsu kamu untuk pegang-pegangan tangan sama pacar kamu dulu. Jangan dulu. Buat kamu yang selain bulan Ramadhan juga enggak pegangan tangan sama pacar, bagus deh. Jempol.

Mending…

Pegang Qur’an.



Membaca Qur’an menjadi amalan yang mendapat limpahan pahala di bulan Ramadhan. Maka, usahakan kamu selalu membawa mushaf kecil yang dapat kamu bawa kemana-mana. Bisa juga instal aplikasi Qur'an di handphone kamu Jadi kalau ada waktu luang, kamu bisa mengisi waktu dengan membaca Qur’an. Dengan begitu, terhindar deh dari pegangan tangan sama si pacar.

Jangan!

Malam mingguan.



Jangan sampai deh kamu malam mingguan sama pacar di bulan Ramadhan. Enggak banget. Iya sih, saat malam sudah enggak puasa lagi, tapi bukan berarti kamu bebas melakukan sesuatu kan? Malam mingguan sama pacar di bulan Ramadhan enggak bikin amalan kamu tambah banyak, malah bisa nyerempet-nyerempet perbuatan dosa. Bilang ke pacar untuk enggak dateng ke rumah dulu saat Ramadhan yaa!

Mending…

Tarawehan.


Setiap malam di bulan Ramadhan (kecuali hari terakhir), kita akan menjalani ibadah sunnah shalat Taraweh yang hanya ada di bulan suci ini. Tuh, karena hanya ada di bulan Ramadhan, kita harus menjalaninya sebaik mungkin. Kalau bisa nih, jangan sampai terlewat satupun rakaat shalat Taraweh. Kalau enggak ada yang terlewat kan praktis enggak ada waktu lagi buat malam mingguan sama pacar.

Jangan!

Jalan dan makan bareng.

Di bulan puasa, kegiatan satu ini pasti enggak akan kamu lakukan, kecuali kamu sama pacar bolos enggak puasa. Kalau kalian ada rencana buat itu, wah gawat, mending baca istighfar dan lekas batalin rencana kamu itu.

Mending…

Kasih sembako bagi yang membutuhkan.


Praktis saat bulan puasa, anggaran bulanan kamu jadi berkurang untuk dialokasikan untuk jalan dan makan bareng dia. Nah, bisa kan anggaran yang tersisa kamu dan pacar kumpulkan dan dimanfaatkan untuk membeli sembako dan menyumbangkannya kepada orang yang membutuhkan. Duh gaya pacaran yang keren deh kalau begitu.

Jangan!

Ngabuburit sama pacar.

Waktu buka puasa tinggal sedikit lagi tapi kamu merasa bete abis. Seketika kamu ingin pergi dari rumah dan jemput pacar untuk ngabuburit bersama. Eits, hindari hal itu ya. Nanti percuma dong puasa kamu seharian kalau ujung-ujungnya berduaan sama pacar.

Mending…

Pesantren Ramadhan.


Di bulan Ramadhan, akan banyak pesantren Ramadhan yang diadakan di masjid-masjid. Biasanya pesantren kilat ini diadakan di sore hari menjelang berbuka puasa. Ini kegiatan yang bisa kamu manfaatkan nih. Karena di pesantren Ramadhan, kita akan mempelajari agama dan sering membaca Qur’an. Ajak pacar kamu untuk ikut pesantren Ramadhan bareng deh. Biar sama-sama mendalami agama dengan lebih baik sekaligus memperbanyak amalan bulan Ramadhan.

....

Jadiii, gimana nih? Masih ingin mempertahankan gaya pacaran di bulan-bulan lain? Enggak takut amalan puasa jadi percuma? Pasti enggak ingin dong ya. Ya makanya, usahakan merubah gaya pacaran kamu di bulan Ramadhan ini dengan lebih baik. Syukur kalau gaya pacaran syariah di bulan Ramadhan ini bisa kamu pertahankan di bulan-bulan lainnya. Menurut Mago, pacaran sih boleh saja, selama itu tidak mendekati maksiat dan menjerumuskan kamu ke dalam dosa.

Oh ya, di artikel ini Mago enggak bermaksud menggurui, tapi hanya ingin mengingatkan dan memberi saran tentang gaya pacaran yang sehat. Pada akhirnya keputusannya tetap di tangan kamu, mau melakukan yang ‘jangan’ atau menjalankan yang ‘mending’ di bulan Ramadhan. Take it, or just leave it. :) (al)