Fotografi: Menggali Ide Lewat Foto

Menggali Ide Lewat Foto
Sesi Foto Jurnalistik Ekstrakurikuler Broadcasting



Keren! Saat pelaksanaan ekstrakurikuler broadcasting tanggal 8 September 2012 kemarin diadakan sesi praktek foto jurnalistik. Kegiatan yang diikuti peserta ekskul broadcast SMAN 1 Purwakarta ini menggagas tema "Menggali Ide Lewat Foto"


Ya, sesi foto jurnalistik ini bertujuan agar peserta ekskul broadcasting semakin terlatih dalam menggarap ide dan menuangkannya lewat objek yang divisualisasikan lewat foto. Di sesi foto jurnalistik ini, para peserta bebas memotret apa saja dengan ide dan gagasan mereka masing-masing.

Hasilnya, banyak sekali foto yang tercipta dengan ide dan ceritanya masing-masing. Dan Mago menampilkan 9 foto diantaranya. Inilah hasil karya peserta ekskul broadcasting!



Judul: Batu Berharga
Oleh: Galih
Ide: "Saya ambil foto ini sih idenya dari batu-batu yang bertumpuk ini. Filosofinya, sebuah batu mungkin tidak mempunyai arti. Namun, apabila mereka disatukan, akan menjadi sesuatu yang berguna. Contohnya ya bisa menjadi bangunan yang megah."



Judul: Di Bawah Gedung Megah
Oleh: Faradibha Dzalika
Ide: "Aku ambil gambar ini ingin memadukan anak-anak paskibra yang lagi latihan dengan gedung Smansa yang megah. Terus aku nambahin daun-daun sebagai penghias."



Judul: Berlatih Karate
Oleh: Nadiya Adnani
Ide: "Idenya tentang anak-anak yang berlatih karate. Aku ambil dari angle karena bagus, sejajar dalam barisannya."





Judul: Menahan Pukulan
Oleh: Nadiya Adnani
Ide: "Foto ini unik! Aku ambil foto ini karena udah prediksi mimik muka si karateka saat menahan kekuatan pelatih. Ekspresinya epic!"



Judul: Menendang Angkasa
Oleh: Ryan Adicipta
Ide: "Keunikan foto ini gue rasa karena momennya pas, dimana para karateka secara berbarengan melakukan gerakan tendangan ke atas. Tapi sayang, beberapa kaki kepotong, mungkin gue kurang geser. Hmm, gue juga ambil daun di latar depan, ya cuma sebagai aksen aja sih."



Judul: Menoleh
Oleh: Ryanti
Ide: "Ide foto ini ngegambarin pekerja yang lagi sibuk kerja. Si pekerja bersweater merah ini lagi bekerja dikelilingi material bangunan di sekelilingnya." 



Judul: Mengaduk Semen
Oleh: Ryanti
Ide: "Foto ini letak kerennya ada di komposisi. Aku memadukan pekerja yang sedang mengaduk semen, bangunan yang belum jadi, plus terali besi yang memanjang dari depan ke belakang. Tapi sayangnya pose pekerjanya kurang enak dilihat, ya."



Judul: Bekerja Keras
Oleh: Ryan Adicipta
Ide: "Jelas, yang mau disampaikan lewat foto ini idenya adalah pekerja yang sedang bekerja keras memasukan adonan semen ke adukannya. Dari ekspresi si pekerja gue rasa dapet banget! Latar bangunan yang setengah jadi juga menambah kesan foto ini. Plus, efek hitam putih yang gue gunakan saat memotret nambah dramatis foto ini."



Judul: Percakapan
Oleh: Ryanti
Ide: "Aku ambil foto ini di kantin. Idenya sih saat melihat percakapan Mang Muin dengan dua orang pembeli. Meski enggak tahu ngomongin apa, tapi foto ini aku rasa keren dengan komposisi warna dan objek-objek di sekitar para pelaku percakapan". (al)