Pra-Event Smansa: Pekan Bahasa 2012

Pra-Event Smansa: Pekan Bahasa 2012

Mading 12 Ipa 5
Perlombaan Kebahasaan

SMAN 1 Purwakarta enggak pernah kehabisan event seru untuk digelar!

Setelah terakhir menggelar event MOPD dan camping yang seru abis, kini SMAN 1 Purwakarta kembali mengadakan gelaran akbar bertajuk Pekan Bahasa  2012. Event ini sedianya telah berlangsung sejak tanggal 22 Oktober 2012, dimana dimulai dengan pengumpulan kreasi hasil karya siswa berupa majalah dinding yang dikumpulkan perkelas. Selain itu, diadakan pula berbagai kegiatan perlombaan yang memperlombakan berbagai macam keahlian dalam berbahasa.

Berlomba-lomba Kreatif

Apa aja sih perlombaannya? Banyak. Ada news reading, story telling, maca dongeng, pidato bahasa arab dan musikalisasi puisi. Selain itu, ada juga lomba membuat majalah dinding kreatif bertemakan bahasa dari masing-masing jurusan. Dalam perlombaan ini masing-masing kelas dituntut untuk berlomba-lomba dalam berkreasi dan menunjukan kreativitas mereka dalam berbahasa asing dan menghias mading semenarik mungkin.

Ngomong-ngomong, kebanyakan dari berbagai perlombaan tersebut telah mendapat masing-masing pemenang seleksi dan dapat bertarung di babak final loh. Ini dia para peserta Lomba Pekan Bahasa 2012 yang masuk ke babak final:

News Reading: Veradika (XII IPA 1) dan Roro Yaumil (X 8).
Story Telling: Rianti (XI IPS 1) dan Anita (X 5)
Maca Dongeng: Sheila (XII IPA 4), Andi (XI IPA 1), dan Handika (X 4)
Puisi Musikalisasi: Balqis (XII IPA 4), Kholilatul (XI IPS 3), dan Donna (X 4)

Dinilai oleh Juri dan Pei Hwa

Babak final itu sendiri nantinya akan diadakan pada hari Rabu, 30 Oktober 2012, di Kampus Singawinata SMAN 1 Purwakarta. Di babak final ini, mereka yang lolos akan diperlombakan kembali untuk mendapatkan pemenang dari masing-masing cabang perlombaan.

Di babak final ini juga akan menentukan pemenang dari lomba kreasi majalah dinding. Sistematika penilaian yang akan dilakukan yaitu melalui vote album mading yang ada di Fan page Pekan Bahasa 2012, penilaian dari masing-masing guru bahasa asing, dan juga penilaian oleh para siswa-siswi Pei Hwa Secondary School yang rencananya akan hadir di kegiatan ini. Event di hari Rabu ini bakal menjadi puncak kegiatan dari Pekan Bahasa 2012.

Kreatif Berbahasa, Aktif dalam Berkarya

Mago sudah enggak sabar nih menyaksikan kegiatan Pekan Bahasa 2012 di SMAN 1 Purwakarta. Kenapa? Karena menurut Mago, event ini bagus sekali. Di event ini kita akan dituntut untuk dapat terampil berbahasa. Bahasa itu kan penting sekali, selain untuk berkomunikasi, bahasa menunjukan kekhasan budaya suatu daerah.

Selain itu, Pekan Bahasa 2012 ini juga dapat membuat kita untuk kreatif dalam menggunakan bahasa sekaligus berharap menjadikan kita aktif dalam menghasilkan karya yang positif. Ya seperti tagline bikinan Mago untuk Pekan Bahasa ini, Kreatif Berbahasa, Aktif dalam Berkarya. Hore! (al)