Reportase: Serunya Keliling Kampus Hijau (Event BKUI '13)

Reportase: Serunya Keliling Kampus Hijau (Event BKUI '13)


Poster BKUI. Click to enlarge
Beruntung banget deh anak-anak SMAN 1 Purwakarta yang mengikuti event seru bertajuk BKUI '13. Beruntung kenapa? Ya jelas, mereka bisa mengenal lebih jauh mengenai univesitas kece yang terletak di Depok, Jawa Barat ini. Lebih beruntung lagi, Mago Magazine bisa ikut hadir di acara BKUI '13 ini untuk memberi laporan kepada Mago Reader. Berikut laporan singkatnya!

Di depan Gedung Rektorat UI
Eh tapi tunggu! -- BKUI? Apaan sih?

BKUI '13

Ups, maaf lupa ngejelasin, BKUI '13 (Bedah Kampus Universitas Indonesia) adalah sebuah event yang digelar tiap tahun oleh BEM Universitas Indonesia. Event ini bertujuan untuk mengenalkan lebih jauh mengenai lingkungan UI kepada siswa SMA calon mahasiswa UI. Event ini juga dijadikan media penyampaian informasi sekaligus memotivasi peserta untuk tetap berjuang dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia.

Event yang dilaksanakan tanggal Sabtu dan Minggu, tanggal 6 dan 7 Oktober 2012 ini diikuti oleh siswa-siswi SMA dan sederajat dari Jakarta, Depok, Tanggerang, Bekasi dan juga kota-kota lainnya. Ada beragam acara di dalam BKUI ini, dari mulai bedah universitas, talkshow seru dengan tokoh nasional, artis dan mahasiswa berprestasi, sampai pengenalan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Universitas Indonesia.

Bincang-bincang di Balairung

Event BKUI '13 ini juga diikuti oleh siswa-siswi SMAN 1 Purwakarta. Ada sekitar 17 siswa yang mengikuti program IPA dan 13 siswa yang mengikuti BKUI program IPS. Mereka semua antusias dalam mengikuti setiap event ini.


Bis Kuning yang berwarna kuning
Saat pertama datang, peserta mengikuti tur ke berbagai gedung fakultas yang ada di UI. Mereka berkelling menggunakan bis kuning yang ada yang bisa dinaiki secara gratis. Fakultas yang dikunjungi disesuaikan dengan jurusan yang mereka ikuti. Jurusan IPS, misalnya, mengunjungi Fakultas Hukum, Fakultas Psioklogi, FISIP, Fakultas Ekonomi serta program Vokasi yang memang berasal dari jurusan IPS. Ya biar nyambung gitu deh.

Bincang-bincang di Balairung
Sehabis itu, mereka berkumpul di Gedung Balairung UI untuk menyimak acara Bincang UI. Acara Bincang UI ini diisi oleh pembicara yang keren dan beken. Dari mulai politisi Faisal Basri, Sekretaris Kabinet RI Dr. Dipo Alam, sampai artis Tere, Maudy Koesnaedi dan banyak lagi. Inti dari bincang UI ini sih untuk memberi informasi sekaligus memotivasi pelajar SMA para calon mahasiswa UI.

Ketemu Mata UI

Kak Ridho dan Kak Satria
Keliling kampus udah, bincang-bincang udah. Terus mereka udah pulang gitu aja ya? 

Yaaaa enggak dong, sehabis mengikuti berbagai kegiatan di BKUI '13, para peserta dari SMAN 1 Purwakarta diajak berkumpul bersama Mata UI

Hah, UI emang punya mata? Bisa ngeliat dong? 

Heuh, ya bukanlah. Mata UI adalah komunitas mahasiswa Universitas Indonesia yang berasal dari Purwakarta. Kebanyakan dari mereka malah lulusan dari SMAN 1 Purwakarta. Kakak kelas kita semua dong ya jadinya? Ya iya.

Teh Yunika dari Mata UI
Mereka berkumpul untuk saling berbagi kesan selama mengikuti kegiatan BKUI '13 ini. Kakak-kakak Mata UI juga menceritakan pengalaman mereka saat masuk dan menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia. Seru deh cerita mereka, membuat peserta semakin termotivasi untuk dapat kuliah di UI.

Perpustakannya Keren!

The Crystal of Knowledge
Kakak-kakak Mata UI enggak cuma ngajak peserta untuk sharing pengalaman. mereka juga mengajak peserta untuk mengunjungi Perpustakaan Pusat UI. Gedung yang bernama The Crystal of Knowledge ini sumpah aseli ciyus keren banget deh. Dengan desain bangunan yang modern dan futuristik membuat peserta terkagum-kagum sama bangunan yang diresmikan pada tanggal 13 Mei 2011 ini.

Hiyaaaattt! *ikut lompat*
Isinya juga enggak kalah keren loh. Lihat aja, perpustakaan ini memiliki 3-5 juta judul buku, yang dilengkapi ruang baca, 100 silent room bagi dosen dan mahasiswa, taman, restoran, bank, serta toko buku. Perpustakaan ini diperkirakan mampu menampung 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau 20.000 pengunjung per hari. Lebih kerennya lagi, sebagian kebutuhan energi perpustakaan ini dipasok dari pembangkit listrik tenaga surya. Udah keren, ramah lingkungan juga kan. Dih, kenapa jadi ngomongin perpus gini ya. -_-

iMac semua masbroh
Dadah-dadah dan Putu-putu

Yaaah, hari sudah mulai sore dan para peserta harus kembali ke Purwakarta untuk kembali ke rumah mereka masing-masing. Tapi, sebelum mereka pulang, kakak-kakak Mata UI menyempatkan diri untuk berfoto bersama. Kakak-kakak Mata UI juga memberikan pesan untuk terus rajin belajar agar dapat menjadi the next yellow jacketers! Aaaamiiin!!! (al)

Bilang 'kejuuuuu'

Someday, I'll visit you wearing the yellow jacket.