Artikel: Asyiknya Berinternet Sehat

Artikel: Asyiknya Berinternet Sehat

Sumber gambar: atechgirlslife.com

Pada saat ini, internet sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tiap saat dapat diakses oleh penggunanya. Semakin mudahnya akses ke internet dimungkinkan dengan kian murah dan banyaknya berbagai fasilitas yang digunakan untuk menjelajah di dunia maya. Banyak perangkat komputer maupun telepon genggam yang kini menghadirkan fitur internet di dalamnya.

Bermain internet memang sangat seru! Dengan internet kita dapat menjelajah ke berbagai belahan dunia, mengakses informasi, mencari hiburan, sekaligus bersosialisasi dengan kawan di seluruh penjuru negeri. Semua bisa kita lakukan hanya dengan sentuhan kecil di telepon genggam atau sembari duduk di depan layar komputer. Internet juga dapat membantu kita sebagai pelajar dalam mempermudah segala hal. Ketika kita tidak tahu mengenai mengenai suatu hal, tinggal klik saja maka jawaban sudah dapat kita temukan. Mudah sekali, bukan?

Namun, dibalik segala kemudahan yang ditawarkan, internet juga menyembunyikan bermacam kejahatan yang dapat dilakukan oleh oknum jahat penyalahguna internet. Sudah banyak yang menjadi korban tindakan kejahatan internet atau biasa disebut cyber crime. Dari mulai penculikan, penipuan, pembunuhan ataupun tindakan kekerasan mental atau cyberbullying.

Siapa saja bisa menjadi korban kejahatan internet. Namun banyak sekali kejahatan internet yang menyasar korbannya yang masih berusia remaja, seperti murid SD, SMP ataupun SMA, ya seusia kita-kita ini deh. Serem banget kan kalau misalnya kita yang menjadi korban kejahatan internet. Ih, jangan sampe deh.

Lantas bagaimana cara menghindari kejahatan internet yang dapat terjadi kepada siapa saja?

Banyak cara untuk menghindari cybercrime ini. Pada dasarnya, menghindari kejahatan internet adalah dengan tetap bersikap baik dan santun dan menjaga data informasi yang kita miliki. Berikut berbagai tips yang Mago sarikan dari connectsafely.org untuk dapat kamu jadikan pegangan dalam menjelajah ranah internet dengan aman dan asyik.

Jadilah diri sendiri. Jangan biarkan orang lain memaksa kalian untuk jadi orang lain yang tidak kalian inginkan.

Selalu bersikap baik dan sopan di internet. Bersikap di internet tidak ada bedanya dengan bersikap di dunia nyata, sehingga ada baiknya kita memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Orang yang tidak bisa menjaga sikap di internet biasanya beresiko jadi korban bullying. Bila orang lain bersikap tidak baik, jangan dibalas dan ditanggapi. Diskusikan dengan orang yang juah lebih mengerti tentang hal ini atau teman yang bisa membantu. Gunakan kontrol privacy untuk memblok orang-orang yang tidak bisa bersikap pantas di internet.

Pikirkan terlebih dahulu sebelum mempost sesuatu di internet. Berbagi foto-foto provokatif atau intim secara online bahkan pada email pribadi bisa menimbulkan masalah belakangan. Orang-orang yang dianggap teman bisa menggunakan semua itu untuk menekan atau mengancam kalian sewaktu mereka tidak lagi jadi teman. Walaupun dalam setting privacy, orang-orang yang ada dalam friend list mu bisa saja mencopy-paste konten-konten mu yang tidak seharusnya disebarkan kemana-mana.

Hati-hati dengan password. Jangan berbagi password dengan siapapun, walaupun itu temanmu. Pertemanan bisa berubah, dan kalian tentunya tidak mau identitas kalian dicuri lalu ditiru oleh orang lain bukan? Pilihlah password yang kalian bisa ingat tapi tidak mudah buat orang lain untuk menebaknya.

Baca maksud tersirat. Memang menyenangkan bisa mendapatkan teman baru di internet, tapi waspadalah karena selain banyak yang bersikap baik, banyak juga yang bersikap baik karena ada yang ingin mereka dapatkan. Yang biasa dimanipulasi untuk niat-niat seperti ini adalah sikap-sikap yang supportive dan memuji…bukan harus curiga berlebihan tapi cukup waspada.

Jangan membicarakan mengenai hal-hal personal dan intim dengan orang yang tidak benar-benar kalian kenal. Terutama bila lawan komunikasi mulai nyerempet-nyerempet ke arah yang tidak pantas seperti sex ataupun penggambaran fisik secara detail. Kalian tidak mau kan jadi korban predator internet. Kalau perlu laporkan ke polisi jika sudah keterlaluan.

Berhati-hati menggunakan penunjuk lokasi pada akun kalian (biasanya pada smartphone ataupun beberapa social media). Mengaktifkan penunjuk lokasi yang terhubung dengan social media kalian bisa berakibat lokasi tempat kalian berada terekspos kemana-mana, tentunya kalian tidak ingin bukan orang-orang yang tidak baik juga mengetahuinya.

Sumber: anakasyik.com