Artikel Mago: Kembali Siap Ke Sekolah


Artikel Mago: Kembali Siap Ke Sekolah



Enggak ada yang lebih menyedihkan dari perasaan akan berpisah dari liburan. Dua minggu liburan rasanya belum dan gak akan pernah cukup bagi pelajar. Rasanya masih ingin tidur, masih ingin jalan-jalan, masih ingin nonton banyak film dan lain-lainnya. Tapi  sebelum sempat memuaskan semua hal itu, eh jadwal-padat-penuh-tugas-sekolah udah tinggal di depan mata. Sebel ya. Ergh.

Sekolah sudah tinggal beberapa hari lagi. Mengingat gak bakal ada extra time liburan dari sekolah, kita mesti mempersiapkan diri untuk bisa langsung berhadapan dengan berbagai macam pelajaran. Istilahnya, kita mesti bisa langsung tancap gas biar gak ketinggalan start dalam balapan satu semester ke depan.

Sebagai mobil balap yang ingin menang balapan, tentu wajib persiapkan banyak hal dong.  Persiapan itu di antaranya berupa isi bensin yang bagus dan cukup, cek onderdil, isi pelumas, daaan lain-lain. Begitu pula kita, kalau ingin siap banyak hal yang mesti kita persiapkan. Nah, di artikel ini Mago mau share persiapan apa yang layak dan patut dilakukan untuk membantu kita siap menghadapi musim sekolah.



1. Kembalikan Pola Tidur

Selama liburan, kita merasa gak ada keharusan untuk tidur lebih awal karena kita tidak ke sekolah di pagi harinya. Maka tak jarang kita terjaga sampai larut malam dan bangun telat di keesokan siangnya. Pada saat liburan hal ini terjadi setiap hari hingga dapat mengubah pola tidur kita.

Kita tahu sekolah enggak akan bermurah hati memperlambat jam masuk sekolah. Maka dari itu pola tidur kita yang salah mesti diperbaiki. Perbaiki dengan mengubah waktu tidur menjadi lebih awal untuk mengembalikan pola tidur ke semula. Ini penting banget dilakukan di hari-hari menjelang masuk sekolah. Sangat penting kalau kamu enggak mau datang dengan muka super ngantuk di hari pertama sekolah!

2. Cek Alat Sekolah

Liburan yang panjang membuat kita sedikit mengabaikan tas, buku, sepatu dan kawan-kawan. Gak jarang, beberapa dari mereka hilang entah kemana. Bisa jadi karena kamu lupa menaruhnya atau jatuh entah dimana karena dipakai main oleh adik kecil. Menjelang hari-hari masuk sekolah, coba cek lagi alat sekolah yang akan digunakan. Lebih baik kalau dicek sejak jauh-jauh hari dan menyimpannya di tempat yang aman.

Hal yang penting diperhatikan yaitu jangan sampai kamu leha-leha saat liburan dan baru mempersiapkan alat sekolah di hari pertama masuk sekolah. Jangan deh. Kalau-kalau ada alat yang hilang, kamu bisa kerepotan di pagi harinya.


3 Baca-baca Materi

Semester depan materi yang akan diajarkan tentu setingkat lebih sulit dari semester sebelumnya. Gak ada jaminan kamu bisa cepat menguasai materi yang akan diajarkan. Bisa saja kamu sedikit kesulitan.

Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa baca-baca dan mempelajari materi semester yang akan datang. Itu akan membantu kamu memahami materi yang akan diajarkan. Bahkan dengan mempelajarinya, kamu bisa selangkah di depan dari teman-teman yang lain. Memang enggak ada yang salah kalau ingin mempersiapkan diri dengan lebih baik.



4. Coba-coba Latihan Soal

Sama seperti poin ke 3, cara ini bisa sangat membantu kamu ketika kembali ke sekolah. Coba tes kemampuan kamu sejauh mana dari soal-soal yang dikerjakan. Dari hasilnya, kamu bisa evaluasi dimana letak kekurangan dan bagian mana yang mesti dipelajari kembali. Mengerjakan berbagai variasi soal dari suatu subjek juga membantu kamu memahami materi tersebut.


5. Tata Ulang Rencana, Fokus dari Hari Pertama

Cita-cita itu adalah bintang dan pendidikan yang berjenjang adalah anak tangga kepadanya. Ketika memasuki bangku SMA, kita sudah setingkat lebih tinggi untuk dapat meraih cita-cita yang sejak kecil kita taruh di langit. Bintang yang kita taruh di langit menjadi pedoman dan penunjuk arah saat kita belajar di sekolah. Semakin fokus kita belajar, semakin terang juga nyala cita-cita yang kita impikan.

Liburan yang panjang kadang membuat kita sedikit hilang fokus dan sedikit kehilangan arah. Mudah-mudahan sih enggak begitu, namun untuk mencegahnya ada baiknya kita menata ulang rencana dan cita-cita kita. Fokuskan tujuan belajar kamu sejak hari pertama kembali masuk sekolah, dan semoga itu dapat membantu kamu meraih cita-cita yang kamu idamkan. (al)