Reportase: Pelantikan Pengurus OSIS dan MPK 2013

Pelantikan Pengurus OSIS dan MPK 2013



Dengan berakhirnya kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) periode 2011-2012, SMAN 1 Purwakarta melakukan regenerasi kepengurusan dengan memilih para calon pengurus OSIS dan MPK yang baru. Regenerasi dalam kepengurusan OSIS dan MPK dilakukan secara bertahap, salah satunya dengan kegiatan Latihan Kepemimpinan Siswa yang diikuti oleh seluruh calon pengurus. Puncaknya, para calon pengurus OSIS dan MPK dilantik dalam upacara pelantikan pada hari Senin 7 Januari 2013 dan telah resmi menjadi pengurus OSIS dan MPK periode 2012-2013.

Hari Bersejarah

Hari Senin, 7 Januari 2013, menjadi hari yang patut dikenang oleh 54 siswa SMAN 1 Purwakarta yang telah sejak pagi hari telah berbaris rapi mengenakan pakaian putih abu. Pasalnya, di hari itu, dengan resmi mereka telah dilantik menjadi pengurus OSIS dan MPK yang baru periode 2013-2014. Acara pelantikan itu dilaksanakan pada saat apel pagi di Kampus Singawinata, SMAN 1 Purwakarta. Apel pagi yang dikomandani oleh Herdian Pradana itu berlangsung khidmat.

Setelah amanat oleh pembina apel disampaikan, dimulailah prosesi pelantikan itu. Satu-persatu calon pengurus OSIS dan MPK yang baru memasuki lapangan. Setelah memasuki lapangan, Ibu Lilis Yani membacakan susunan kepanitiaan OSIS dan MPK yang baru. Satu-persatu nama mereka disebut dalam kepengurusan OSIS dan MPK yang baru itu.

Dilantik oleh Bapak Kepala SMAN 1 Purwakarta

Acara pelantikan berlanjut dengan pengucapan janji yang diucapkan oleh seluruh calon pengurus OSIS dan MPK yang baru. Setelahnya, Kang Rivaldi dan Kang Mohamad Rifai memasuki lapangan dengan membawa bendera OSIS dan MPK untuk kemudian menyerahkannya ke Ketua OSIS dan Ketua MPK yang baru yaitu Putri Alya Ramadhani dan Andi Kurnia. Acara penyerahan bendera kemudian dilanjutkan dengan pemasangan pin OSIS dan MPK yang dipasangkan secara simbolis kepada Putri Alya dan Andi Kurnia oleh Bapak Kepala SMAN 1 Purwakarta, Bapak Asep Kurnia. Prosesi pelantikan berakhir dengan penandatangan yang dilakukan oleh bapak kepala SMAN 1 Purwakarta. Dengan berakhirnya acara pelantikan, maka resmi sudah mereka menjadi pengurus OSIS dan MPK periode 2013-2014. Selamat, Mago ucapkan!

***

Regenerasi kepengurusan OSIS dan MPK wajib untuk dilakukan dalam rangka mendidik siswa untuk memiliki jiwa kepemimpinan. Pemilihan kepengurusan OSIS dan MPK yang baru juga untuk menjaga program yang telah menjadi tradisi maupun program inovasi baru agar tetap terlaksana sebagai kegiatan positif bagi siswa dalam rangka meningkatkan mutu sekolah maupun siswa SMAN 1 Purwakarta. Semoga dengan terlantiknya siswa-siswi aktif dan kreatif SMAN 1 Purwakarta sebagai pengurus OSIS dan MPK yang baru dapat membawa harum nama SMAN 1 Purwakarta di berbagai bidang prestasi. Semoga! (al)