Reportase Mago: Sosialisasi Penjurusan Program IPS


Sosialisasi Penjurusan Program IPS
Be Social, Be Creative




Di semester 2, siswa kelas 10 SMA, termasuk siswa SMAN 1 Purwakarta, wajib untuk menentukan jurusan mana yang mereka pilih untuk melanjutkan studi mereka. Jurusan yang mereka pilih menentukan mata pelajaran apa yang akan mereka pelajari lebih dalam selama dua tahun ke depan. Selain itu, jurusan yang dipilih akan sangat menentukan pemilihan jurusan ketika mereka melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Maka dari itu, pemilihan jurusan ketika kelas 10 adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh kelas 10.

Pemilihan jurusan yang tepat bagi siswa kelas 10 adalah hal yang sangat penting. Namun, kenyataannya banyak siswa kelas 10 yang masih bingung memilih jurusan apa yang cocok dengan mereka. Ini sangat disayangkan mengingat pemilihan jurusan yang cocok adalah hal yang utama dalam penjurusan.

Keraguan diantara siswa sangat dipahami oleh kakak-kakak mereka kelas 12 SMAN 1 Purwakarta. Tentu saja, karena kakak-kakak kelas 12 juga tentunya pernah mengalami hal yang sama ketika berada di kelas 10. Nah, oleh karenanya, beberapa siswa kelas 12 yang berasal dari gabungan kelas 12 IPS 1 dan 2 melakukan sebuah sosialisasi yang diharapkan mampu membantu siswa kelas 10 untuk memilih jurusan yang sesuai dengan mereka.

Mago datang langsung ke acara sosialisasi ini dan berikut laporannya.

Sosialisasi Penjurusan Program IPS

Mengingat begitu pentingnya arti penjurusan serta melihat banyaknya bibit-bibit galau di antara kelas 10, gabungan siswa kelas 12 IPS 1 dan 2 berinisiatif untuk membuat sebuah acara sosialisasi dengan tema “Sosialisasi Penjurusan Program IPS; Be Social, Be Creative”. Acara ini bertujuan untuk memberikan pencerahan bagi siswa kelas 10 yang masih bingung menentukan jurusan yang akan mereka jalani selama 2 tahun kehidupan pelajar mereka di Smansa.

Acara sosialisasi ini diadakan pada 23 Pebruari 2013 bertempat di Lt. 3 Kampus Singawinata. Banyaknya peserta membuat acara ini diadakan dalam dua sesi, sesi pertama yang dihadiri kelas 10.1 sampai 10.5 diadakan pukul 07.00-08.30 sementara sesi kedua yang diikuti kelas 10.6-10.10 dilaksanankan pada pukul 08.30 sampai pukul 10.00. Di acara ini hadir beberapa siswa kelas 12 IPS sebagai pembicara, diantaranya Albizia, Gianti, Pebriandani, Hanna Anisa, Bella Citra, Ai Rusandi dan siswa lainnya.

Brain Hemisphere Theory dan Mitos Jurusan IPS

Pembicara pertama di acara ini adalah Albizia dari kelas 12 IPS 1. Di presentasinya, Albizia menjabarkan mengenai Brain Hemisphere Theory, yaitu sebuah teori dari Clark dan Gowan mengenai teori yang membagi otak menjadi dua bagian berdasarkan cara otak tersebut bekerja. Albizia menjelaskan bagaimana teori ini dapat berhubungan dengan jurusan apa yang kita pilih. Di presentasinya, Albizia menyimpulkan bahwa fungsi otak kanan ternyata lebih dominan kepada pelajaran yang berhubungan dengan jurusan IPS. Dalam penjelasannya juga ia memaparkan pelajaran-pelajaran yang khusus dipelajari di IPS dan menghubungkannya dengan teori belahan otak yang sebelumnya telah dijelaskan. Penjelasan ini, menurut Albizia, diharapkan siswa mampu mengenali kecenderungan pola pikir mereka sehingga dapat memilih jurusan yang tepat nantinya.


Setelah Albizia menyampaikan pembahasannya, Pebriandani dari kelas 12 IPS 1 maju sebagai pembicara. Pebri membahas mengenai mitos-mitos mengenai program IPS. Pebriandani paham, bahwa selama ini terdapat banyak stigma yang ada pada jurusan IPS. Ia merangkum mitos tersebut dan kemudian membeberkan fakta yang ia rasakan sebagai anak IPS. Dari fakta yang Pebri jelaskan, ternyata beberapa dari mitos tersebut ia rasa salah dan tidak memiliki nilai kebenaran.

Prospek Kuliah dan Prospek Kerja Anak IPS

Salah satu mitos yang beredar mengenai jurusan IPS adalah sulit memilih untuk jurusan kuliah. Tentu saja hal itu tidak benar. Nah, untuk meluruskannya, Gianti, Hana, Ai serta Bella bergantian menjelaskan berbagai prodi kuliah yang merupakan jalur bagi jurusan IPS. Beberapa jurusan di antaranya adalah jurusan Psikologi, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Administrasi Bisnis, Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, Sosiologi, daaaaan banyak lagi lainnya.



Selain prospek jurusan, kakak-kakak tadi juga membicarakan tentang prospek lapangan pekerjaan bagi siswa IPS. Ternyata setelah ditelusuri, prospek lapangan pekerjaan dari prodi IPS enggak kalah banyak dengan program IPA. Malah, lulusan kuliah yang berasal dari program IPS bukan hanya mampu keluar sebagai pekerja, namun mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Pokoknya, anak IPS yang berkualitas akan selalu dibutuhkan jasanya dan tidak akan kekurangan lapangan pekerjaan.

Berbagi Cita-cita di Akhir Acara

Acara sosialisasi ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa siswa diperkenankan bertanya mengenai penjurusan. Beberapa dari mereka maju dan bertanya untuk kemudian dijawab oleh kakak-kakak kelas 12 IPS. Pertanyaan yang siswa kelas 10 ajukan lebih banyak menyangkut penjurusan lebih lanjut lagi, seperti menanyakan jurusan yang cocok apabila ingin melanjutkan ke jurusan tertentu. Pertanyaan mereka dijawab dengan senang hati oleh kakak-kakak kelas 12 IPS, mereka ikut berbagi apa yang mereka ketahui.

Di akhir acara, kakak-kakak kelas 12 bergantian berbagi rencana mereka untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Masing-masing menceritakan tujuan dan cita-citanya. Hal ini diharapkan agar siswa kelas 10 juga temotivasi untuk ikut merencanakan tujuan mereka sejak dini.

***

Sebelum acara sosialisasi program IPS ini berakhir, beberapa siswa kelas 10 mungkin masih bingung menentukan jurusan. Namun, dengan acara ini, diharapkan mampu memberi pencerahan dan gambaran setidaknya mengenai program studi IPS. Meski demikian, acara sosialisasi ini secara garis besarnya bukan bertujuan untuk mengarahkan siswa ke program IPS, melainkan mendorong mereka untuk mendalami diri pribadi masing-masing dan menentukan jurusan yang sangat tepat, sesuai dengan minat dan kemampuan diri pribadi siswa kelas 10. Karena memang, kalau bukan diri sendiri yang menentukan penjurusan, siapa lagi?



*bagi yang berkeinginan mendapatkan file presentasi di acara sosialisasi tadi, silakan mengirim email ke Mago (magomagz@ymail.com) dengan menulis subject "Bahan Presentasi Sosialisasi Penjurusan Program IPS"