Artikel: Kiat Jitu Membagi Waktu For Students


Artikel: Kiat Jitu Membagi Waktu For Students





Ohisashi buridesune,ogenki desuka.
Lama tak jumpa saya merasa rindu akan semua ini,.. tapi rinduku terbayarkan oleh waktu luang yang panjang yang membuatku bingung entah bagaimana ini harus kulakukan.

Tak terasa untuk kakak-kakakku akang, teteh kelas 3 perjuanganmu hampir diujung tanduk. 3 tahun lamanya akang dan teteh mengabdi, tolabul ilmi, berjihad di SMANSA tercinta. Hingga perjuanganmu akan dibuktikan dengan diadakannya Ujian Akhir Sekolah. Tetap semangat, akang teteh, gambatte kudasai, hamasah. Semoga diberi kelancaran dalam menjawab soal-soal , di permudah dalam mengerjakannya. Aamiin.. J

Tak lupa juga untuk akang teteh kelas 10 dan 11, mungkin kalian semua bingung, bimbang dan mungkin ada yang sampai galau hehe Karena kalian diberikan kesempatan waktu belajar dirumah selama 1 minggu lamanya. Don’t worry disini saya akan memberikan sedikit catatan kecil dan sharing experience dalam hal kiat jitu membagi waktu dikhususkan untuk anak sekolah. Atau sering dikatakan tips, trik dan target dan disingkat menjadi 3T. Ok kita langsung saja,check it out…! J  

Waktu adalah hal yang sangat penting dan membahayakan. Mengapa membahayakan? Karena bila kita tidak mengatur dan memanfaatkannya dengan baik maka kita bisa tergilas oleh waktu itu sendiri. Seperti pepatah Ali bin Abi Thalib “waktu laksana pedang” Oleh karena itu, kita harus bisa mengaturnya dengan benar dan efektif.

Perlu kita ketahui, dalam 1 hari hanya ada 24 jam dan kita harus benar-benar pandai membaginya. Terlebih lagi, sebagai seorang pelajar, harus pandai-pandai dalam mengatur waktu antara belajar, bermain, istirahat, dan membantu orang tua. Bila seandainya kita tidak bisa memanfaatkan waktu, maka akan dapat menyusahkan kita sendiri. Seperti:

1.      Waktu terbuang sia-sia tanpa menghasilkan atau mendapatkan hal    yang bermanfaat.
2.      Pekerjaan banyak yang menumpuk dan belum selesai.
3.      Kegiatan-kegiatan atau rencana kita jadi berantakan
4.      Kita tidak dapat beristirahat atau belajar dengan cukup karena waktu untuk kegiatan kita tidak terkontrol dengan baik.


Tips Membagi Waktu

Gimana kita membagi waktu dengan benar?
Agar waktu yang kita miliki tidak terbuang sia-sia, berikut ini beberapa tips dalam membagi waktu agar efektif.

1.    Jadikan waktu belajar di kelas adalah waktu terbaik untuk belajar.

Siapkan materi sebelum pelajaran dimulai. Kalau hanya punya waktu sedikit buat membaca seluruh bahan materi, banyaklah bertanya. Ulang sekilas materi terakhir supaya nggak banyak bengong waktu guru menerangkan materi baru.
Dengarkan dengan serius apa yang diterangkan guru dan coba mengulang kembali materi yang baru didapat versi bahasamu sendiri. Resep ini mujarab buat mencegah sistem belajar kebut semalam karena materinya bakal lama tersimpan di otak kita.

Nah karena waktu belajar kita selama seminggu yang harusnya belajar di sekolah kita bisa menerapkan itu dirumah secara rutin minimal 5 sampai 10 menit kita baca-baca pelajaran yang ada pada hari tersebut yang sesuai dengan pelajaran disekolah. Atau sama saja kita bisa menyebutnya Home Schooling,atau belajar otodidak. Dan nanti bila ada yang kurang ngerti kalian bisa catat dan ketika masuk bisa ditanyakan kepada guru anda.

2.    Buat daftar harian.

Tulis secara singkat 5 tugas yang harus dikerjakan, baik urusan sekolah atau pribadi seperti beribadah dan lain sebagainya, berurut mulai dari yang terpenting. Buat juga cita-cita kecil yang bisa dikerjakan hari ini, misal membaca 5 halaman pelajaran Biologi. Mungkin kalian dirumah juga bisa membuat daftar harian ketika libur 1 minggu, dengan cara kalian bisa melihat tugas tugas apa saja yang telah diberikan oleh guru ketika disekolah, jika ada tugas kelompok segeralah kabari teman sekelompoknya kapan dan dimana untuk melakukan kerja kelompok. Dan kerjakan lebih awal tugas-tugas yang dikumpulkannya lebih awal atau prioritaskanlah tugas itu dan yang lainnya insyaallaah bisa menyusul jika kalian bisa mem-planning atau merencanakannya.

3.        Rencanakan jadwal mingguan.

Buat agenda mingguan yang berisi jadwal pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler atau les tambahan, tugas rumah, tidur dan makan. Tulis semuanya supaya terlihat urutan waktunya. Jangan lupa sisakan baris kosong buat kegiatan yang mendadak muncul kemudian hari.
Usahakan buat waktu belajar selama dua jam per satu jam pelajaran di sekolah.

4.        Disiplin pada jadwal

Disiplinlah pada jadwal yang telah kita buat. Jangan sampai ada kegiatan yang tertinggal sehingga menumpuk-numpuk pada akhirnya. Selain itu bagilah waktu istirahat, belajar, dan bermain dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai waktu bermain berlebih atau waktu istirahat malah kurang. Dan yang lebih utama untuk seorang muslim janganlah meninggalkan solat 5 waktu, karena apa gunanya disiplin terhadap jadwal yang kita buat sedangkan kita malah menyampingkan atau tidak taat terhadap perintah Allah, yang jelas-jelas hukumnya fardhu ‘ain yang wajib bagi setiap muslim yang beriman. Dan kalian bisa gunakan juga waktu liburanmu untuk menambah keimanan terhadap tuhannya karena mungkin selama di sekolah kalian hanya punya waktu sedikit untuk bertaqorrub kepada Allah dan ini saat-nya anda para readers yang muslim kesempatan emas untuk menambah keimanan kalian.. kalian bisa melakukan PSK TD
P = Puasa, S = Senin, K = Kamis, +++ T = Tahajud, D = Duha
Rumus ini saya dapat dari guru bahasa arab sekaligus pembimbing IREMA salah satu ekskul yang ada di Smansa yaitu Pak ihya.

5.        Gunakan waktu siangmu sebaik mungkin.

Di sekolah kamu bisa membaca terlebih dulu materi pelajaran sebelum guru masuk kelas. Begitu juga sesudah pelajaran selesai, buatlah ringkasan kecil tentang materi baru. Supaya mudah diingat tulis materi tersebut dalam kartu-kartu kecil, atau tempat lain yang mudah dibaca kembali. Atur waktu belajar sebanyak mungkin ketika hari masih terang. Usahakan cari tempat belajar yang sunyi atau tidak berisik supaya kamu dapat berkonsentrasi.


6.    Buat kalender semester pribadi.

Beri tanda-tanda khusus di kalender dinding atau meja setiap tanggal-tanggal khusus, misal tanggal ujian atau kenaikan kelas. Tulis semua tanggal khusus tersebut plus kegiatannya dalam kalender kecil yang bisa dibawa ke mana saja. Contoh bagus adalah buku agenda harian atau daily planner.

7.    Kerjakan sebisa mungkin.

Kalau ada perlengkapan belajar yang tidak dimiliki, bisa dicari cara lain yang hasilnya sama supaya tidak jadi penghambat. Usahakan bekerja sebaik mungkin sesuai kemampuan, tidak perlu sempurna 100%, yang penting coba dulu.

8.    Konsentrasi dan fokus.

Pada setiap kegiatan, usahakan tetap fokus dan konsentrasi pada materi yang sedang diikuti, misal dengan bersikap aktif. Supaya aliran darah tetap berjalan lancar, istirahatlah selama 5 – 10 menit setiap 30 – 40 menit.
9.        Jalan lurus sesuai jadwal rencanamu. Mulailah berkata ‘tidak’ pada hal-hal yang dapat merusak alur rencana.

Kemoloran 1 kegiatan saja dapat merusak kegiatan-kegiatanmu yang lainnya.

10.    Tetapkan batas waktu untuk segala rencana atau cita-cita kecilmu. Kalau berhasil beri penghargaan atas jerih payahmu.

Kerja keras itu bagus namun tidak ada salahnya bagi kita bila kita merayakan jerih paya kita. Asalkan jangan berlebihan dan jadikan sebagai motivasi untuk visi selanjutnya.

11.    Hargai diri sendiri dengan membuat rencana, jadwal dan cita-cita yang sesuai dengan kondisi pribadi.

Kita juga harus realistis dengan kondisi kita sekarang. Jangan sampai terlalu berlebih atau ngoyo karena bisa-bisa kita menjadi stress atau tertekan.


Manfaat Membagi Waktu

Apa aja sih manfaatnya kalo kita pintar membagi waktu?
Bila kita mencoba menjalankan tips-tips diatas dengan benar dan sungguh-sungguh, maka kita pun akan merasakan manfaatnya yang positif terhadap diri kita, diantaranya :

a.       Kita menjadi lebih disiplin. Tak hanya disiplin waktu namun juga disiplin terhadap kegiatan atau aktivitas kita sehingga kemungkinan terjadinya pembuangan waktu secara sia-sia akan menjadi lebih kecil. Rasa malas pun lama-kelamaan akan menghilang dan sedikit demi sedikit menjadi lebih rajin karena adanya jadwal yang harus kita buat.

b.      Hidup menjadi lebih teratur. Kita menjadi terbiasa pada jadwal yang kita buat sehingga perlahan-lahan kita secara otomatis dapat membuat kita lebih teratur pada kegiatan sehari-hari.

c.       Kegiatan dapat terkoordinir dengan tepat. Pastinya, kita akan lebih mudah mengecek kegiatan apa yang harus dilakukan dan belum dilakukan dengan jadwal kegiatan yang kita buat.

d.      Tak ada waktu yang terbuang sia-sia.

e.       Pekerjaan dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Terutama seorang pelajar yang dihimpit banyak sekali tugas, belum lagi kalau ada ulangan. Nah, dengan pembagian waktu yang efektif dapat menghindarkan kita dari penumpukan tugas dan bisa mempersiapkan diri untuk pelajaran atau ulangan pada keesokan harinya.

f.       Kita bisa lebih pandai memilih acara sehingga tidak bertubrukan dengan rencana kita yang lain.

Ok, sekian jurus 3T dari saya mudah-mudahan bisa bermanfaat.. wassalam


Sumber: ibnulinggasakti.wordpress.com
*dari berbagai sumber, disusun dan dirangkum oleh Qonita Rabbani, Tim Redaksi Mago Magazine. (Twitter Qonita: @umi_qonita)
*gambar didesain oleh Sulistiyo Tri Raharjo, Tim Desain dan Seni Mago Magazine. (Twitter Tyo: @SulistyoTR)