Opini Mago: Jurusan yang Aku Pilih, Opini dari Kelas X SMAN 1 Purwakarta


Opini Mago: Jurusan yang Aku Pilih, Opini dari Kelas X SMAN 1 Purwakarta


Penjurusan kian dekat, sudah waktunya bagi adik-adik kelas X untuk menentukan pilihannya dalam memilih program studi yang diinginkan. Pilihan mereka tentu saja didasari oleh alasan dan pandangannya masing-masing.

Di opini Mago kali ini,  tim Mago Magazine telah menanyakan opini tentang Penjurusan IPA-IPS kepada siswa kelas X SMAN 1 Purwakarta. Mago ingin mengetahui opini dari beberapa siswa dan menyelidiki alasan dibalik pemilihan jurusan yang mereka pilih. Yuk, kita lihat apa saja opini mereka!

Mago Reader pemberi opini kali ini:

Nindy Aprilliani Komara dari kelas X.1


Adhieta Amaria Putri dari kelas X.5


Lody Meita Rehan dari kelas X.6


Dita Andini dari kelas X.3


Gavin Pradipta dari kelas X.9


M. Alfi Syahri dari kelas X.10




Hallo semua apa kabar?

Semua: baikkkkkkkkk !!!!!!!!!!!

Wah smemangat banget nih jawabnya, minta waktunya sebentar ya

Semua: Iyah hehe ga apa-apa kok.

Oke, langsung aja ya ke pertanyaan pertama, mengenai penjurusan, jurusan apa yang kamu pilih untuk di kelas 11 nanti?

Nindy: Saya memilih IPA

Adhieta: Kalau untuk jurusan sih hmmm… aku pilih IPA.

Lody: Insyaallah IPA

Dita: Aku pilih IPA

Gavin: Saya pilih IPA

Alfi: Kalau masalah penjurusan, saya lebih milih ke IPA. Soalnya IPA itu kan bisa kemana aja nah selain itu juga keahlian saya lebih ke bidang eksak dibandingkan menghafal

Alasannya?

N: Karena saya sebelumnya sudah mengkonsep jurusan yang saya mau untuk ke jenjang yang lebih tinggi, jadi jurusan yang saya pilih itu sesuai dengan cita-citaa saya. Saya bercita-cita menjadi dokter, nah jadi kalau yang  seperti itu saya harus masuk IPA. Dan dorongan dari orangtua juga untuk masuk IPA.

A: Pertama, karena keinginan sendiri. Kedua karena orangtua juga dan ketiga itu prospek aku kedepan nya untuk kuliah.

L: Alasannya karena kalau kita ga keterima di penjurusan IPA kan kita bisa lari ke jurusan IPS, beda sama IPS kalau kita gaketerima di perkuliahan bidang IPA kita gak bisa masuk. IPA kan bisa kemana aja.

D: Alasan saya kalau dari diri saya sendiri, memang saya suka pelajaran biologi dari dulu dan memang dari dulu juga minat saya ke IPA gitu, dan orangtua pun mendukung saya untuk masuk ke IPA.

G: Pertama, dari minat dan bakat saya, saya pilih IPA. Yang kedua, untuk prospek di perkuliahan nanti peluangnya tuh kan lebih banyak IPA kan ya? Jadi ya saya pilih IPA.


M: Karena saya ingin menjadi seorang penemu yang memang mengharuskan mempelajari IPA dari dasar.

Nah, untuk prospek kedepannya menurut kalian jurusan mana sih yang lebih baik?

N: Menurut saya jurusan itu ga ada yang jelek ataupun buruk, semuanya itu sama-sama baik. Jadi semuanya tergantung dari individu nya. Kalau dia bisa berprestasi di salah satu jurusan itu secara otomatis jurusan itu menjadi yang terbaik untuk individu tersebut.

A: Menurut aku sih, semua jurusan itu sama aja tergantung diri kita sendiri. Tinggal  menanamkan nilai kepercayaan dan keyakinan.

L: Jelas IPA.

D: Dua-duanya juga ngejamin, tapi kalau harus pilih satu sih ya IPA karena peluang masuk universitasnya tuh banyak pilihannya dan terbuka bebas.

G: IPA, ginih ya karena IPA itu bisa belajar IPS karena dia ga akan ketinggalan karena IPS itu pengetahuan umum. Sedangkan jika anak IPS itu pindah ke IPA dia bakalan susah untuk mengikuti ketinggalannya itu.

M:  kalau untuk prospek kedepannyalebih baik ke IPA tapi ke IPS juga ga ada salahnya sih kalau memang kita minatnya ke IPS karena setelah lulus nanti bisa menjadi diplomat atau akuntan nantinyakan.

Nah, kalian sendiri masih bingung ga sih mau pilih jurusan apa?

N: Enggak, soalnya kalau kita bingung kedepannya juga ga akan bener. Jadi kita itu gausah bingung, nah kita tuh harus tau apa sih kemampuan kita? Masa kita sendiri ga tau apa kemampuan kita sendiri, ya kan? Makanya kita gausah dan gaboleh bingung. Maka dari itu semuanya harus dipikirkan dan direncanakan dengan baik dan harus difikir matang-matang suapaya kita gak salah milih jurusan.

A: Bingung sih karena banyak faktor yang mempengaruhi. Tapi karena aku dari dulu udah kepengen masuk IPA yah jadi do’ain ajalah semoga bisa dan bismillah…

L: Enggak, ya karena saya sudah yakin

D: udah enggak, karena saya sudah yakin dan dapet dukungan dari orangtua jadi udh tenang aja.

G: Enggak!

M: Kalau untuk penjurusan sendiri sih ga terlalu bingung, soalnya dari pilihan saya dan didorong juga dari pilihan orangtua.

Oh ya kemaarin kan udah diadain sosialisasi tentang penjurusan IPS, pendapat kalian nih kelas IPS bakal nambah atau malah ngurangin nih?

N: Kalau kelas IPS sih beberap persen kayanya bakal namabah. Tapi tetep untuk kelas IPA lebih banyak dari pada IPS.

A: Bakal nambah! Soalnya, kita ambil contoh dari kelas aku aja ya. Setelah pelajaran Pak Aan tadi selesai kan pada ditanya berapa orang yang mau masuk IPS. Dan hasilnya setengah dari anak-anak kelas x.5 tuh eh akun twitternya @slimesmansa jangan lupa follow yah haha.. minat banget buat masuk ke IPS, alasannya sih mereka tertarik sama ekonomi.

L: Sepertinya sih nambah

D: Kalau menurut saya pastinya bakal nambah, karena saya sendiri setelah mengikuti sosialisasi tersebut jadi terbawa bingung juga. Walaupun saya yakin IPA IPA dan IPA tapi ya memang IPS juga bagus jadi bisa membuat para siswa termotivasi.

G: Menambahlah, karena disosialisasikannya dengan baik yah. Jadi menambah yakinkan gitu bahwa IPS itu ga kalah dari IPA

M: Kalau kelas IPS itu memang udah di jatah untuk 3 IPS dan 7 IPA, tapi ga menutup kemungkinan juga kalau kelas IPS bisa ditambah karenakan sekarang kelas IPS yang saya tau itu rada banyak.

Sipp.. kira-kira nih kalau menurut kalian, apa sih kelemahan dan kelebihan dari kedua jurusan tersebut?

N: Kelemahan IPA dan IPS yah? Hmmm… menurut saya enggak ada kelemahan dari kedua jurusan itu. Soalnya kembali lagi ke setiap individunya, kalau si individunya cocok di IPA ya berarti itu kelebihan diakan. Kalau di IPS yah berarti cocoknya di IPS, jadi sama dua-duanya.


A: Nah IPA, kalau IPA kan jelas yah kelebihannya lebih ke eksak gituh. Tapi kalau kelemahan IPA tuh jadi gimana yah, hmm.. kurang bersosialisasi. Ga akan lebih baik lah dari anak IPS, nah beda lagi sama IPS nih. Mereka juga mampu ko untuk belajar eksak karena belajar juga matematika, tapi yah tetep ga sebaik anak IPA.

L:  Sebenernya sih IPA IPS gaada kelemahan nya, mereka berdua tuh punya kelebihan. Bisa bikin orang pinter asal orang itu rajin aja belajar nya. Terus nih yah kedua jurusan itu menurut aku punya keunikan, jadi kesimpulan nya kedua jurusan itu pilihan yang terbaik. Gimana minatan ajalah.

D: Kelebihan IPA itu mahir di teorinya nah kalau IPS itu jadi nanti kalau diperkuliahan bisa terjun langsung ke masyarakat secara real.

Kalau kekurangan IPA sih ya lebih ke individu kayanya sosialisasinya masing-masing aja, bedalah sama IPS yang kekurangannya mungkin yah keterbalikannya dari anak IPA lah.

G: Kalau IPA itu yah jurusannya itu lebih banyak, sedangkan kelemahannya itu apa ya? Ya mungkin terlalu banyak itung-itungan kali ya, jadi banyak orang yang bilang kalau IPA itu jurusan yang sibuk. Kalau IPS itu lebihnya apa ya? Hmmm… aku bisa bilang kalau sosialisasinya itu lebih terbuka nah tapi kalau kelemahannya itu yah seperti tadi yang udah saya bilang kalau nanti pas kuliah jurusannya itu lebih sedikit dibanding IPA.

M: Kalau kelemahan untuk di IPA itu permainan logika itu dia kurang karena sosialisasinya kurang. Nah kalau IPS kelemahannya dalam masalah eksak, mereka pasti paling males tapi kalau masalah logika udah makanan sehari-hari sepertinya.

Oke, selesai…
Terimakasih ya semuanya maaf udah menggaknggu waktunya, semoga kalian bisa masuk ke jurusan yang kalian inginkan dan inget jangan masuk jurusan karena ikut-ikutan temen ya….

A: siapppp, sukses terus yah Mago hehehe


Oleh Nia Hoerunnisa - @Nmoronis (X.3), Windy Aqmarina - @WindyBact (X.3) dan Difadinie Aqilah @Difadinia (X.3), Tim Redaksi Mago Magazine