Wawancara: Tentang Persiapan dan Kesan Para Penampil Tambahan


Wawancara: Tentang Persiapan dan Kesan Para Penampil Tambahan



Perpisahan Informal 2013 pada tanggal 29 April kemarin menghadirkan kelas 12 sebagai bintang utama kegiatan ini. Gimana enggak, rangkaian acara yang memang khusus untuk kelas 12 itu didominasi oleh penampilan seluruh kelas 12, mulai dari kelas 12 IPA 1 sampai IPS 2. Tapi meski demikian, di sela-sela penampilan kelas 12, kelas 11 dan 10 bahkan Krestra Smansa dan Pengurus OSIS juga tampil menyemarakan acara ini. Bisa dibilang, mereka adalah penampil tambahan di acara ini. Meski demikian, penampilan mereka gak kalah seru dengan kelas 12.

Mago penasaran nih bagaimana para penampil mempersiapkan diri mereka dalam Perpisahan Informal 2013. Enggak lupa Mago bertanya tentang kesan mereka bisa hadir di acara yang memberikan kesempatan terakhir bagi kelas 12 untuk tampil ini. Berikut wawancara Mago dengan M. Alfi Syahri (Pengurus OSIS; Band), Nindyo Hapsari (Perwakilan kelas 11; menampilkan flashmob dan tarian) serta Rani dan Yuli (Krestra Smansa)


M. Alfi Syahri, perwakilan pengurus OSIS, menampilkan penampilan band dan pembacaan puisi


Halo kang, boleh wawancara sebentar?
Boleh.

Menurut Akang, apakah acara ini memiliki kesan tersendiri? Mengapa?
Cukup berkesan untuk OSIS MPK tahun ini untuk menampilkan OSIS MPK tahun lalu.

Siapa saja yang berpartisipasi dalam Group Band tadi?
Dimas (Guitarist), Alfi (Melody), Azis (bassist), Dwiko (drummer), Iyan (keyboardist), Santi (vokalist).

Apa latar belakang Akang dkk menampilkan karya tersebut dalam acara ini?
OSIS itu bisa menampilkan sesuatu, walaupun kerjaannya hanya membuat Proposal.

Apa alasan Akang memilih menampilkan karya tersebut?
Agar kita lebih mencintai lagu-lagu indonesia dari pada lagu-lagu luar.

Menurut Akang, apakah penampilan tadi sudah maksimal atau belum?
Belum maksimal, mungkin karena efek gitar yang kurang.

Berapa lama waktu latihannya, Kang?
2 hari.

Terimakasih Kang untuk waktunya.
Iya, sama-sama Mago.


Nindyo Hapsari, perwakilan penampil kelas 10, menampilkan dance dan flashmob


Halo Teh, boleh wawancara sebentar?
Boleh.

Menurut Teteh, apakah acara ini memiliki kesan tersendiri? Mengapa?
Tentu. Terutama bagi kita angkatan 2015. Karena baru pertama kali kita mengikuti acara Informal untuk memeriahkan acara ini.

Apa latar belakang Teteh dkk menampilkan karya tersebut dalam acara ini?
Untuk berpartisipasi memeriahkan perpisahan kakak kelas, yaitu untuk angkatan 2013
Apa alasan Teteh memilih flashmob untuk Perpisahan Informal ini?
Pertama, kita mengumpulkan pendapat. Setelah di saring, mayoritas memilih menampilkan flashmob.

Menurut Teteh, apakah penampilan tadi sudah maksimal atau belum?
Sudah cukup maksimal. Karena kita sudah berusaha menampilkan yang terbaik dengan latihan-latihan setiap hari.

Berapa lama waktu latihannya, Teh?
Kita membutuhkan 3 hari untuk konsep dan latihan 4 hari.

Terimakasih banyak, Teh.
Sama-sama.




Rani dan Yuli, perwakilan penampil Krestra Smansa



Boleh minta waktunya sebentar kak?
Oh, silahkan. Boleh

Kak, tadi anggota teater kan baru saja tampil di acara pembukaan informal. Gimana perasaannya?
Senang. Karena kita semua bisa ikut berpartisipasi dalam acara perpisahan informal kelas 3 angkatan tahun ini. Dan waktu mau tampil, kami deg-degan banget.

Bagaimana perasaan kakak dengan penampilan teater tadi?
Puas. Tapi kita sebenarnya masih bisa menampilkan sesuatu yang lebih lagi sih

Ngomong-ngomong, sejak kapan sih kak persiapan anak teater ini?
Sejak hari jum'at. Dan kami latihan hanya 2 hari.

Waw.. Hebat ya. Oh ya, tadi kan anak teater menampilkan drama berupa kabaret. Memangnya, kapan kakak dan teman-teman melakukan dubbing?
Hari Selasa

Kalau yang membuat cerita siapa ya?
Rani, tapi dibantu oleh seluruh anak teater yang lainnya juga. Dan saat latihan, ada alumni yang juga ikut membantu

Kira-kira, ada tidak kendala yang dialami selama latihan?
Ada.

Aduh... Apa aja ya kak?
Banyak anak teater yang tidak datang waktu latihan. Walaupun begitu, kami masih tetap kompak. Juga waktu. Kurangnya waktu latihan

Menurut kakak, bagaimana acara perpisahan informal tahun ini dibandingkan tahun lalu?
Bagusan tahun ini. Walaupun acaranya dadakan banget. Tapi, lebih rame tahun lalu

Ada saran yang ingin disampaikan untuk acara perpisahan informal tahun depan kak?
Iya ada. Kalau bisa tahun depan cari tema yang lebih bergoyang lagi dari sekarang. Juga jangan sampai garing acaranya

Kalau pesan untuk anak teater?
Jadilah anak teater yang ga punya malu dan solid, yang mau bekerja keras dan tanggung jawab. Satu lagi. Teater itu memang eskul. Tapi jangan berfikir bahwa teater itu hanya sekedar eskul, melainkan kewajiban.

Ok.. Terimakasih kak. Sudah mau meluangkan waktu untuk kami
Iya, sama-sama.




Alifa Reina, Shrie Latifani, Dewi Puspa, Cholida Nurvaely dan Faradibha Dzalika, perwakilan penampilan angkatan kelas 11, menampilkan traditional dance dan modern dance

Selamat pagi kakak-kakak.. boleh minta waktunya sebentar nih?
Oh, tentu. Silahkan

Oh ya, tadi kakak-kakak di sini barusan tampil di awal pembukaan acara perpisahan informal tahun ini ya?
Iya

Gimana perasaannya kak?
Senang. Karena kita bisa ikut berparisipasi

Kalau menurut kakak, gimana penampilan perwakilan angkatan kelas 11 tadi?
Gak puas

Apa yang membuat kakak-kakak gak puas sama penampilannya tadi?
Karena acaranya dadakan sekali. Selain itu tadi ketika kami tampil, ada masalah dengan sound systemnya. Jadinya, penampilan kami terpaksa harus berhenti di tengah jalan

Oh... Kalau latihannya sejak kapan ya kak?
Latihannya satu hari sebelum acara. Alias kemarin. Itupun hanya 4 jam. Dari jam 6 sore sampai jam 10 malam.

Wah.. dadakan sekali ya. Memangnya, apa saja kendalanya kak?
Yah, cukup banyak. Hahaha. Banyak siswa dan siswi kelas 11 yang tidak hadir dalam latihan, pemikiran konsep penampilan, juga waktu latihan yang kurang

Kak bisa ceritain gak, bagaimana sih konsep dari penampilan kakak-kakak tadi?
Karena penampilannya dadakan, jadi kami tidak sempat membuat konsepnya secara pasti. Jadi kami hanya menampilkan beberapa tarian yang sebelumnya telah ditampilkan pada acara pensi. Yaitu penampilan dari 11 IPS 3 dan 11 IPA 6

Btw, bagaimana tanggapan kakak tetang acara perpisahan informal tahun ini?
Sebenernya rame, tapi ga serame tahun kemarin. Juga sepertinya, banyak siswa-siswi kelas 3 yang kurang berpartisipasi. Tapi jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, partisipasi guru lebih banyak sekarang

Sarannya untuk acara perpisahan informal tahun depan?
Mungkin, acaranya harus lebih rame lagi. Juga kalau bisa, temanya lebih tentang masa-masa kenangan yang telah dihabiskan selama SMA. Agar perpisahan informal tahun depan, lebih berkesan dan berasa suasana kekeluargaannya

Okay, terimakasih ya kakak-kakak. Sudah mau meluangkan waktunya
Iya


*wawancara Alfi dan Nindyo dilakukan oleh Sarifah Adinda dan Qonita Rabbani, foto oleh Sarifah Adinda
**wawancara Krestra Smansa, dan perwakilan kelas 11 oleh Ica Candra dan Syifa Hanifah, foto oleh Nadiya Adnani