Tips Mago: Persiapan Kembali ke Sekolah

Tips Mago: Persiapan Kembali ke Sekolah



Pergantian masa sekolah ke masa liburan pastiah menyenangkan rasanya. Tetapi, bagaimana ketika liburan selesai dan kita harus kembali ke rutinitas sekolah? Minggu pertama kembali ke rutinitas biasanya mengundang suasana baik di sekolah yang sedikit kurang kondusif. Kok bisa? Konon, karena masih ada ‘hawa liburan’ yang tersisa. Untuk mengakali hal yang biasanya terus terulang setiap awal semester, Mago akan membagi tips untuk mempersiapkan diri menghadapi masa kembali ke sekolah. Dengan mengaplikasikan tips-tips ini, hari pertama masuk sekolah pasti akan terasa lebih menyenangkan. Yuk, langsung saja! :D


1. Cek Perlengkapan Sekolah



Libur panjang membuat kita sedikit mengabaikan tas, buku, sepatu dan peralatan lainnya. Tidak jarang, beberapa dari mereka hilang entah kemana. Bisa jadi karena kamu lupa menaruhnya atau jatuh entah dimana. Menjelang hari-hari masuk sekolah, coba cek lagi perlengkapan sekolah yang akan digunakan.

Lebih baik dicek sejak jauh-jauh hari dan menyimpannya di tempat yang aman. Kan baru pada dapat uang THR nih. Daripada uangnya dipakai entah untuk apa, lebih baik dipakai untuk membeli perlengkapan sekolah yang masih kurang. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kamu leha-leha saat liburan dan baru mempersiapkan alat sekolah di hari pertama masuk sekolah.


2. Relaksasi

Semasa liburan, biasanya kita benar-benar memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk melakukan berbagai kegiatan yang kita inginkan. Melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan selama masa sekolah karena jadwal yang padat seperti traveling ke luar kota atau bahkan ke luar negeri.

Sebaiknya, sisakan beberapa hari menjelang liburan usai untuk sedikit memanjakan tubuh Mago Readers sekalian. Karena, salah satu alasan kenapa kita merasa malas saat kembali ke rutinitas sekolah atau kuliah adalah tubuh kita yang masih merasa lelah setelah berlibur.


3. Perbaiki Pola Tidur

Selama liburan, kita merasa tidak memiliki keharusan untuk tidur lebih awal karena kita tidak diharuskan ke sekolah di pagi harinya. Maka, tidak jarang kita terjaga sampai larut malam dan bangun telat di keesokan siangnya.

Pada saat liburan, hal ini terjadi setiap hari hingga dapat mengubah bahkan mengganggu pola tidur kita. Kita tahu sekolah tidak akan bermurah hati dengan cara memperlambat jam masuk sekolah. Maka dari itu, pola tidur kita yang salah haruslah diperbaiki. Perbaiki dengan cara mengubah waktu tidur menjadi lebih awal untuk mengembalikan pola tidur ke semula. Ini penting sekali dilakukan di hari-hari menjelang masuk sekolah. Sangat penting kalau Mago Readers tidak mau datang dengan muka super ngantuk di hari pertama sekolah!


4. Makan Pada Waktu Yang Tepat


Selama libur lebaran yang super nyaman, sarapan biasanya diganti dengan makan siang. Tapi, ketika waktu sekolah tiba, seluruh pagi kerja tanpa sarapan akan sulit bagi Mago Readers sekalian. Karena, penelitian telah menunjukkan kepada kita bahwa sarapan adalah makan yang paling penting sepanjang hari. Dua makanan lain perlu dilayani pada saat yang tepat untuk memastikan tubuh Mago Readers menyesuaikan dengan rutinitas sekolah dan kegiatan lainnya.


5. Buat Lingkungan Kondusif

Kembali ke sekolah berarti kembali belajar. Siapkan kembali buku-buku pelajaran dan review pelajaran-pelajaran tersebut sebelum kita kembali ke sekolah. Supaya otak Mago Readers kembali teringat akan materi-materi tersebut dan tidak kaget saat tiba-tiba dihantam kembali oleh soal-soal matematika atau ekonomi.




6. Tata Ulang Rencana

Semester baru, rencana juga harus baru. Review lagi tentang hal-hal apa saja yang harus kita lakukan agar segala target kita di semester baru ini tercapai. Liburan yang panjang kadang sering membuat kita sedikit hilang fokus dan sedikit kehilangan arah. 

Fokuskan lagi tujuan belajar kamu sejak hari pertama kembali masuk sekolah dan semoga itu dapat membantu kamu meraih cita-cita yang kamu idamkan. Cita-cita adalah bintang dan pendidikan yang berjenjang adalah anak tangga kepadanya. Ketika menduduki bangku SMA, kita sudah setingkat lebih tinggi untuk meraih cita-cita yang sejak kecil kita taruh di langit. Bintang yang kita taruh di langit menjadi pedoman dan penunjuk arah saat kita belajar baik di rumah maupun di sekolah. Semakin fokus kita belajar, semakin terang juga nyala cita-cita yang kita impikan.


7. Tingkatkan Kembali Komunikasi



Mengobrol bersama teman-teman sekolah sangat diperlukan sebelum kembali ke rutinitas. Mulai dari sekedar say hello sampai berdiskusi perihal KBM sangat dianjurkan. Selain untuk mempersiapkan mental, juga berguna untuk mempersiapkan hal-hal lain yang diperlukan seperti alat tulis dan buku-buku. Sekedar curhat seperti, "Duh, besok udah masuk sekolah aja euy." atau, "Liburannya kuraaang!" pun sangat membantu untuk mempersiapkan mental menjelang kembali ke sekolah.



Artikel Oleh: Devita Olyviana Putri

Sumber: