Wawancara: Pembuktian Celevoice Band yang Telah Berdiri selama Dua Tahun

Wawancara: Pembuktian Celevoice Band yang Telah Berdiri selama 2 Tahun



Sebelumnya Mago berterimakasih karena telah diundang dalam acara perayaan Anniversary Celevoice Band yang kedua. Acara tersebut yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 24 Agustus 2013, berjalan sangat meriah. Nah, oleh karena itu, Mago ingin bertanya sekaligus berkenalan, bagaimana sih rahasianya Celevoice ini bisa bertahan selama dua tahun di dunia permusikan khususnya di Purwakarta? Mago Readers sudah pada penasaran kan? Yuk, check this out! :D

Mago:   Halo, kakak-kakak semua. Boleh kita kenalan dulu, Mago lagi ngobrol-ngobrol sama band apa, ya?
Celevoice: Halo, Mago! Kami dari Celevoice Band.
Mago:  Halo lagi, Celevoice Band. Hehe. Kak, boleh tolong diceritain tentang asal mula dibentuknya band ini enggak?
Celevoice:  Berdiri sejak tahun 2008, waktu itu sih kami ngeband selayaknya iseng biasa. Namun lama-kelamaan, hingga puncaknya tahun 2011 dengan formasi baru yang telah kami sah kan, kami memutuskan untuk berada di kalangan musik-musik indie local. Kita sih berharap di masa yang akan datang kita bisa lebih bersinar layaknya band-band papan atas dimana itu memang sudah menjadi harapan setiap band pada umumnya.
Mago:      Amin! Terus kenapa sih kok dinamakan Celevoice?
Celevoice: Nah, nama Celevoice sendiri kita ambil dari dua kata: “Cele” itu celebritis/celebritas yang bersifat terkenal dan “Voice” itu artinya suara yang kalau digabung bermakna kita itu ingin terkenal di bidang suara dengan salah satunya itu bermain musik dan ngeband.
Mago:   Wah, filosofi yang bagus, Kak. Oh iya, Mago boleh kenalan dengan masing-masing personel-nya?
Celevoice: Boleh, Mago. Jadi, kami Celevoice itu masih beranggotakan 3 orang dimana pemain drum kami mengalami penggantian dan sudah mendapat penggantinya, ditambah lagi dengan satu additional guitarist tapi fungsinya sih untuk ngebantu kita saja.

Nuzul: Vocalist & Guitarist



                Gugi: Drummer



Dony: Bassist & Backing Vocal



Indi: Additional Guitarist



Mago:   Asik, bisa kenal lebih dekat dengan para personel! Lalu, aliran musik Celevoice itu apa, ya, Kak?
Celevoice: Kita sih intinya ke Punk atau bisa juga Melodic Punk/Punk Rock/Skatepunk.
Mago:   Kenapa memilih aliran itu?
Celevoice: Ya, karena sesuai dengan jiwa kita dari setiap individu, hobi, dan kesukaan kita terdapat di genre tersebut. Karena genre tersebut melambangkan sebuah kesemangatan dan kita juga ingin menjadi penyemangat bagi jiwa anak muda lainnya.
Mago:   Wah bagus, Mago setuju, Kak! Kemudian, Celevoice sudah mengeluarkan single apa saja?
Celevoice: Alhamdulilah kami sudah memiliki 6 single andalan, diantaranya:
-Hilangkan Semua Kenangan
-Broken F*cking Heart
-Semua Yang Terucap
-You And Me
-Semua Akan Berakhir
-Life Is Simple
Mago: Keren! Terus kalau Mago Readers ingin memiliki single-single kalian harus bagaimana, ya, Ka?
Celevoice: Nanti Mago Readers bisa kunjungi account kami di Twitter & Facebook agar kita bisa lebih saling mengenal, ya. Dan, bisa lebih tahu info tentang Celevoice juga. Terus kalau ingin download lagunya juga bisa di www.reverbnation.com

Account celevoice:
Twitter: @celevoicepunk
Facebook: celevoice

Mago:   Oke siap, Kak. Terus kalau boleh tahu, kenapa sih kakak-kakak lebih memilih untuk ngeband?
Celevoice: Kami memilih membuat band, ya, karena ini hal yang menarik untuk kami sebagai kalangan anak-anak muda di Purwakarta. Dan, kami memilih genre punk rock/skatepunk yang sangat jarang di kota kami sendiri. Mungkin di kota lain sudah banyak dan kami ingin membuat gebrakan baru di Purwakarta ini.



Mago:   Sebuah keinginan yang enggak sia-sia, Kak. Oh iya, Celevoice kan sudah bertahan selama dua tahun lamanya dan saat ini pun kita sedang merayakan hari jadi kalian. Kalau Mago boleh tahu, bagaimana cara menjaga kekompakan antara satu dengan yang lainnya agar bisa bertahan sampai saat ini?
Celevoice: Alhamdulillah sekali kami juga bersyukur karena masih bisa bertahan walaupun tidak sedikit band dari teman-teman kami yang mengalami  kegagalan atau bubar. Untuk menjaga kekompakan sih kita saling menghargai tentunya, dari mulai latihan terus sering ngumpul bareng dan saling mengenal keluarga. Karena kalau keluarga sudah kenal, pastinyakan akan mendukung kami dalam memajukan band ini.
Mago: Jadi intinya adalah membangun kekeluargaan, ya, Kak. Siapa sih artis yang menginspirasi/mempengaruhi kalian?
Celevoice: Kami terpengaruh genre/musik artis yang bergenre punk/skatepunk. Dari lokal, kami suka Rosemary sedangkan dari luar negri kami suka NOFX.



Mago:   Apa saja kesibukan kalian selain bermusik?
Celevoice: Kami kan tergabung dalam komunitas P-Mind, kesibukan kami sekarang seringnya ngumpul untuk mengadakan acara musik dan sharing untuk kedepannya. Sedangkan kalau kesibukan masing-masing individu sih ada yang bekerja dan ada juga yang berkuliah.
Mago:   Wah, yang masih berkuliah siapa nih kak?
Celevoice: Gugi, jadi yang paling muda diantara yg lainnya haha. :D (tertawa lebar)
Mago: Hahaha hello Kak Gugi. Sebagai anak band, hal apa yang paling menyenangkan yang pernah kalian alami?
Celevoice: Banyak, kami sih senang kalau waktu kami perform, banyak yang moushing dan joget apalagi sampai hafal lagu kami. Salah satu kebahagiaan terbesar kami sih, ya, dengan berhasilnya terselenggara acara Anniversary ini, Mago.
Mago:   Lalu, bagaimana dengan hal yang menyebalkannya?
Celevoice: Yang nyebelinnya, ya? Hmm... Ngaret sih kadang bikin bete juga, ya. Dontohnya seperti tadi deh harusnya kan acara ini mulai pukul 19.00 WIB. Tapi, ya, karena ngaret nya itu lho jadi baru bisa start pukul 20.00 WIB.



Mago:   Tapi, pernah enggak sih waktu kalian perform, ada fans yang sudah fanatik gitu?
Celevoice: Fans? Enggak sih, kami enggak punya fans. Tapi, kami punya fams/family (keluarga). Mereka menyebut dirinya dengan “Jurassic Family” yang men-support dan menyukai lagu-lagu dari Celevoice.
Mago:   Salam, ya, kepada para Jurassic Family dari Mago. Selanjutnya, apa pencapaian terbesar kalian selama ngeband?
Celevoice: Pencapaian terbesar kita itu, ya, membuat masyarakat bisa suka dan menerima aliran musik kami dengan kiami para personel-nya maupun lagu-lagu kami.
Mago: Apa target Celevoice untuk ke depannya?
Celevoice: KAMI AKAN LAUNCHING ALBUM! (jawab tegas Kak Nuzul, sang vocalist)
Mago:   Amin! Kapan nih, Kak?
Celevoice: Insyaallah antara November-Desember. Sekitar akhir tahun deh. Do’akan, ya, Mago.
Mago:   Pastinya dong. Nah, Celevoice ingin dikenang sebagai apa?
Celevoice: Setidaknya, kita ingin meramaikan dunia permusikan di Indonesia khususnya di Purwakarta, jadi kami tidak asal-asalan begitu saja. Kita ingin memotivasi para anak muda khususnya untuk bisa memajukan dunia permusikan. Kami ingin para anak muda bisa mengenang kami yang selalu membuat gebrakan untuk memajukan dunia permusikan dalam hal positif.
Mago: Acung jempol deh buat kalian! Sukses untuk albumnya, sukses untuk visi dan misinya, dan sukses untuk segala-galanya untuk Celevoice. Once again, happy anniversary, Celevoice!
Celevoice: Wah, amin! Terimakasih, Mago Kita berterimakasih sekali Mago bisa menyempatkan datang ke acara kami yang sederhana ini.
Mago: Kembali kasih, Kakak-Kakak.




Nah, Mago Readers, sekarang sudah tahukan rahasia dari kekompakan Celevoice itu apa? Komunikasi itu penting, ya, agar tidak terjadi kesalah pahaman yang dapat berakibat pada bubarnya suatu band. Mungkin ada yang berminat mengikuti jejak dari Celevoice ini? Kita tunggu saja, ya. Mago pamit dan salam punk, guys! :)





Oleh: Nia Hoerunnisa, Tim Redaksi Mago Magazine (@Niakahfi)