Artikel: Flappy Bird, Hidup Singkat Si Burung Ngeselin

Ada banyak banget contoh fenomena yang berkembang secara viral lewat media internet. Gangnam Style, Harlem Shake, dan Gwiyomi, adalah beberapa fenomena internet yang menjadi sempet tenar beberapa waktu yang lalu. Internet memang membuat kita bisa mengakses apa saja yang kita mau, termasuk fenomena yang lagi ngetrend masa kini.



Flappy Bird bisa jadi adalah fenomena internet yang kini lagi banyak dibicarain saat ini. Game simpel yang ngeselin ini menjadi salah satu game yang paling banyak didownload dalam tiga bulan terakhir. Hal ini menjadikan Dong Nguyen, sang pembuat game, mendapat pemasukan mencapai $50,000 per hari dari iklan pada game tersebut. Wow!

Namun ternyata keteneran enggak bikin Dong merasa senang. Kesuksesan gamenya yang telah berhasil mencapai angka 50 juta kali download (menurut situs Mashable.com) malah bikin Dong kesal. Hingga akhirnya Dong memutuskan untuk menarik Flappy Bird dari seluruh Market Play.

Di artikel ini Mago bakal nyeritain tentang game yang adiktif ini serta nyeritain juga kisah di balik kenapa Dong akhirnya memutuskan untuk melenyapkan Flappy Bird dari peredaran. Check it out, Mago Readers!

Game Susah yang Bikin Nagih

Flappy Bird adalah sebuah game simpel yang didesain untuk pengguna iOS dan Android. Cara main game ini sangat sederhana, pengguna hanya perlu menyentuh layar smartphone untuk menjaga sang burung agar tetap terbang. Setiap ketukan akan menerbangkan burung untuk melewati pipa berwarna hijau yang menghalanginya.

Game ini menjadi sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Meskipun cara bermain yang sederhana, ternyata sangat sulit untuk mendapat nilai besar pada game ini. Kesulitan besarnya adalah menyesuaikan gerakan terbang si burung dengan rintangan yang menghalangi. Ketiadaan nyawa tambahan juga membuat pengguna bisa saja meraih nilai 0 pada permainan ini. Namun nyatanya, berbagai kesulitan dalam game ini justru membuat pengguna menjadi tertantang untuk meraih skor yang tinggi.

Meraih Ketenaran

Dong Nguyen pada awalnya membuat Flappy Bird untuk pengguna iOS. Pertama kali diunggah ke App Store pada 24 Mei 2013. Di awal peredarannya, Flappy Bird belum terlalu dikenal. Hingga tiga bulan kemudian, Flappy Bird masuk pada kategori Family di App Store, pengguna OS mulai menyadari kehadiran game ini dan mulai memberi tanggapan di media sosial. Mereka mengupdate tweet yang menyatakan kekesalan karena kesulitan untuk mendapat skor tinggi di game ini. Tak ayal, reaksi tersebut memancing user lainnya untuk ikut memainkan game ini.



Reaksi yang semakin banyak dari para pengguna iOS membuat pengguna Android meminta Dong untuk mengunggah Flappy Bird ke Google Play. Keinginan Android users akhirnya terpenuhi ketika pada 22 Januari 2014, Dong menjadikan Flappy Bird tersedia di Google Play. Hanya butuh waktu satu minggu sampai akhirnya Flappy Bird menjadi aplikasi yang paling banyak didownload pada rentang periode tersebut.



Kepopuleran game Flappy Bird mulai meledak ketika sebuah akun YouTube populer, PewDiePie, mengunggah video yang memperlihatkan dirinya sedang memainkan Flappy Bird. Video yang berjudul "FLAPPY BIRD - DONT PLAY THIS GAME!" itu diunggah pada 27 Januari dan hingga saat ini telah mencapai nyaris 12 juta viewers! Video tersebut kemudian menarik minat para pengguna smartphone untuk ikut memainkan Flappy Bird.

Kombinasi dari berbagai update di media sosial membuat ketenaran Flappy Bird semakin meroket. Pada puncak kesuksesannya, Flappy Bird telah menjadi aplikasi gratis yang paling banyak didownload di Google Play sebanyak 50 juta kali. Flappy Bird juga menghasilkan $50,000 per hari dari iklan yang didapatkannya. Sebuah prestasi yang hebat bagi game yang baru berusia tak lebih dari 2 bulan!

Bikin Kesal Pembuatnya

Ketenaran dan pemasukan tinggi ternyata enggak bikin Dong Nguyen senang. Sebagai pria yang sederhana, Dong merasa publikasi yang didapatkan akibat game yang ia buat telah menjadi berlebihan. Komentar dari para user Flappy Bird yang kesel sama game yang ia buat awalnya bukan menjadi soal bagi Dong, namun lama kelamaan hal itu semakin membuatnya kesal. Ditambah lagi kritik tajam dari sesama developer game yang curiga bahwa Dong menggunakan sistem bot yang membuat Flappy Bird sehingga menjadi terkenal. Padahal Dong mengaku tidak melakukan hal itu dan hanya membuat dan menguploadnya ke Market Play.





Hal utama yang membuat Dong kecewa adalah ia merasa bahwa Flappy Bird telah melenceng dari tujuan awal game ini dibuat. Dong sebenarnya mendesain Flappy Bird sebagai game yang dimainkan untuk mengisi waktu luang. Namun kini, Flappy Bird ternyata menjadi sangat adiktif dan dimainkan oleh penggunanya setiap saat. Keputusan berani akhirnya dibuat oleh Dong ketika ia memutuskan untuk menarik Flappy Bird dari seluruh Market Play.


***

Kisah Flappy Bird seperti roller coaster, pada awalnya ia bukan apa-apa, namun ketika mendapat reaksi luas dari penggunanya, Flappy Bird berkembang menjadi game paling laris hanya dalam 3 bulan terakhir. Tentu bukan hanya publikasi luas yang menyebabkan game ini menjadi ngetrend, melainkan karena kesederhanaan sekaligus kesulitan tingkat tinggi dari Flappy Bird yang membuat game ini digandrungi banyak orang.

#RIPFlappyBird
Mago salut terhadap Dong Nguyen. Pria sederhana dari Vietnam ini mampu mempertahankan idealismenya meskipun telah mendapat banyak ketenaran. Keputusan untuk menghapus Flappy Bird adalah bukti bahwa sebagai developer game ia tak ragu untuk bertindak ketika karyanya ternyata tidak sesuai dengan apa yang ia maksudkan. Jangan berhenti membuat game, Dong!





Sumber:
diolah dari mashable.com

Sumber gambar:
twitter.com/dongatory
http://www.touchtapplay.com/wp-content/uploads/2014/01/flappy-bird-cheats-480x432.jpg
http://blogs-images.forbes.com/jasonevangelho/files/2014/02/flappy_bird.jpg
http://philly.barstoolsports.com/files/2014/02/RIP-flappy.jpg