Artikel: Mengenal Berbagai Makhluk dari Mitologi Yunani

Mago Readers inget gak, beberapa waktu yang lalu, Mago sempet janji untuk bikinin artikel yang membahas tentang mitologi di setiap edisinya. Inget kan? Nah, meski butuh waktu yang sangaaat lama, namun akhirnya Mago bisa nepatin janjinya. Mohon dimaafin yaa.


Di artikel yang ini (Artikel: Mitologi, Dongeng Multikisah tentang Dewa-Dewa), Mago udah ngejelasin tentang apa itu mitologi. Mago tertarik untuk ngebahas mitologi karena ceritanya yang seru menarik, unik dan punya sejarah yang panjang serta erat kaitannya dengan peradaban manusia. Nah, sekarang Mago bakal mulai bahas satu persatu mengenai dunia permitologian. Artikel mitologi yang pertama bakal ngebahas tentang makhluk-makhluk apa aja yang ada di dunia mitologi

Sebenernya ada banyak banget makhluk yang berasal dari berbagai mitologi di dunia. Masing-masing mitologi punya makhluknya sendiri. Dari mulai mitologi Yunani, Nordik, Hindu, Jepang, Slavia daan lain-lainnya punya berbagai makhluk sendiri yang sama-sama menarik untuk dibahas. Tapi berhubung Mago gak bisa bahas semuanya dalam satu artikel, kali ini Mago pilih makhluk dari mitologi Yunani untuk dibahas terlebih dahulu.

Dibagi Menjadi 4 Kategori

Oke, jadi apa aja sih makhluk dari mitologi Yunani? Weits, bentar dulu, Mago mau jelasin dulu beberapa hal ya. Makhluk dari mitologi Yunani dibagi menjadi 4 kategori berbeda. Ada makhluk yang dikategorikan sebagai monster, binatang mistis, raksasa, dan naga. Masing-masing kategori punya karakteristik tersendiri sehingga dapat dimasukkan ke dalam kategori tertentu. Karakteristiknya dibedakan dari bentuk fisik dan kelebihan yang dipunyai makhluk tersebut. Mago kasih contoh ya, hmm kalo binatang mistis itu makhluk mitologi yang memiliki bentuk fisik seperti binatang biasa tapi memiliki kelebihan khusus. Misalnya kuda, terus kudanya itu punya sayap dan bisa terbang. Dari deskripsi tersebut, Mago Readers bisa nebak gak contoh makhluk kategori binatang mistis yang Mago maksud? Sip bener, Pegasus.



Karena kayaknya udah ngerti tentang kategori makhluk mitologi Yunani, Mago langsung deh nyeritain beberapa makhluk yang keren yang ada di mitologi Yunani. Makhluk-makhluk ini lumayan populer dalam cerita-cerita mitologi Yunani, selain karena keren namun juga punya magis tersendiri yang kadang-kadang... nyeremin. Siap-siap merinding, Mago Readers!

Siren

Makhluk satu ini punya hobi yang sama kayak Mago Readers, yaitu nyanyi! Tapi bedanya, nyanyian makhluk yang sering digambarin sebagai sosok yang cantik ini gak bikin seneng hati melainkan membawa pendengarnya kepada kematian. Oh iya, meskipun sosoknya cantik, Siren ini termasuk kategori monster looh. Hiii.

Siren biasanya bersembunyi di pesisir pantai yang memiliki banyak karang, menunggu datangnya kapal-kapal besar. Ketika kapal lewat, Siren bernyanyi nyanyian yang sangaaat indah menggunakan harpa yang mengundang manusia untuk mendekatinya. Nyanyian tersebut sangat indah dan mempesona sehingga sang nahkoda kapal pun tak bisa menolak untuk kemudian mengarahkan kapalnya menuju pesisir berkarang sehingga kapalnya hancur berantakan.


Nyanyiannya mengundang kematian
Meskipun nyanyian rayuan Sirens sangat suliiiiiit untuk ditolak, ternyata ada beberapa cara untuk melawannya loh. Dalam kisah kepahlawanan Odyssey yang ditulis Homer, Odysseus berhasil menolak rayuan Siren dengan cara menyumpal telinganya dengan lilin yang terbuat dari lebah. Dalam cerita lain, disebutkan bahwa untuk menolak rayuan Siren, kita harus menyanyi dengan lebih indah dari Siren. Waaah, kalo gitu Mago mau ajak Greyson Chance setiap kali mau berlayar aaah. :D

Cyclops

Cyclops dalam mitologi Yunani dikategorikan sebagai monster. Cyclops adalah 3 bersaudara bernama Brontes, Steropes and Arges yang dilahirkan oleh Uranus dan Gaia, dan merupakan saudara dari Titan, para raksasa (cerita tentang ini akan Mago bahas di edisi selanjutnya ya!). Dalam mitologi yang ditulis oleh Homer, Cyclops dikurung dalam sebuah sumur bernama Tartarus. Namun suatu kala Zeus membebaskan mereka bertiga untuk menyediakan petir untuk Zeus, helm untuk Hades dan trisula untuk Poseidon.
Raksasa bermata satu
Cyclops memiliki keunikan dari segi bentuk fisik karena hanya memiliki satu mata. Mata tersebut terletak di tengah dahinya. Enggak heran, karena asal mula nama Cyclops sendiri mengandung arti mata yang bulat.

Hydra

Makhluk satu ini nyeremin banget! Hydra adalah makhluk mitologi Yunani yang tergolong cukup tua usianya. Makhluk ini memiliki bentuk seperti naga dan ular tapi memiliki kepala yang banyaaaak banget. Mau tau gak kenapa kepalanya bisa banyak? Karena setiap kali kepalanya dipenggal, akan tumbuh dua kepala lagi dari leher si makhluk laut ini.

Enggak cukup sampai di situ, Hydra juga memiliki senjata lewat nafas dan darahnya yang memiliki racun sangat mematikan. Hmm, enggak heran kalo ternyata makhluk ini dikategorikan sebagai monster dalam mitologi Yunani.


Punya nafas dan darah yang mematikan
Pada mitologi Yunani, Hydra muncul pada zaman Herakles. Dan memang, pada akhirnya Hydra dapat dibunuh oleh Herakles. Mau tau gak gimana cara Herakles musnahin Hydra? Jadi ceritanya Herakles menutup hidungnya dengan kain untuk menghindari nafas beracun Hydra. Herakles kemudian menggunakan terbang dibantu oleh Pegasus untuk meruntuhkan batu yang terletak di atasnya menggunakan pedang yang ia bawa. Batu-batu tersebut kemudian runtuh dan kemudian mengubur Hydra untuk selamanya. Kalo Mago Readers pernah nonton Hercules, pasti udah familiar dengan cerita ini.

Gorgon

Hmm, namanya sih kurang familiar ya, tapi kalau Mago sebut Medusa, Mago Readers pasti kenal kan? Nah, Medusa adalah salah satu dari tiga bersaudara yang merupakan makhluk bernama Gorgon. Gorgon adalah makhluk yang abadi, namun dari ketiga bersaudara tersebut, hanya Medusa-lah yang dapat dibunuh. Medusa dibunuh oleh Perseus dengan cara dipenggal dengan menggunakan sabit.


Pandangan matanya mengalihkan hidupmu menjadi batu.

Gorgon sendiri adalah makhluk berupa manusia yang memiliki rambut berupa ular. Awalnya, Gorgon adalah 3 bersaudara biasa, namun pada suatu ketika mereka dikutuk sehingga rambutnya berubah menjadi ular. Kutukan tersebut juga membuat siapa saja yang memandang mata Gorgon berubah menjadi batu. Kalo pandanganya bisa ngubah manusia jadi batu, berarti Gorgon enggak bakal bisa mendapat cinta pada pandangan pertama dong? Kesian. :(

***

Mungkin segitu dulu cerita mitologi di minggu ini. Minggu-minggu selanjutnya Mago janji bakal update terus dongeng mitologinya. Kalo dongeng kali ini ngebahas tentang 5 monster sekaligus, minggu selanjutnya bisa aja Mago ngebahas satu pahlawan dari satu mitologi, tapi dengan cerita lebih rinci tentang kisahnya. Pokoknya gitu deh.

Btw, kamu ada request gak, mitologi apa yang ingin kamu tahu ceritanya? Request aja di kolom komentar ya!!! :D


Sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/

Sumber gambar:
beyondearthseries.files.wordpress.com
http://cdn2.list25.com/wp-content/uploads/2013/04/4-gorgons_tn.jpg
http://cdn.list25.com/wp-content/uploads/2013/04/5-hydra_tn.jpg
http://list25.com/25-most-legendary-creatures-from-greek-mythology/
http://static3.wikia.nocookie.net/__cb20120118224228/powerlisting/images/6/61/Pegasus_.jpg