Surat Dari Iowa: Makanan Korea dan Salju Pertama


Hello Smansa!!!

Apa kabarnya nih??? Terutama teman-teman Smansa 14. Gak berasa nih, saya Jaya Wina Santiya, sudah dua bulan lebih di negeri nun jauh, Amerika, menjalankan program pertukaran pelajar KL-YES. Untuk itu saya menulis surat buat teman-teman semuanya!!!



Pengalaman di sini sangat mengejutkan. Penuh dengan hal-hal baru. Sampai hal-hal yang saya tidak pernah sangka akan saya alami. Seperti naik roller coaster saja.

Saya tinggal di Iowa, sebuah state di Amerika tengah, saya tinggal di kota kecil bernama Blue Grass. Sekeliling tempat tinggal saya banyak sekali ladang jagung, dan juga perternakan sapi. Sangat asri dan indah.

Tinggal bersama keluarga Amerika sangatlah menyangkan. Hostfamily saya orangnya sangat baik, uniknya hostmom saya adalah orang korea. Jadi selama disini saya tidak hanya belajar budaya Amerika saja, tapi juga budaya Korea. Saya sudah coba banyak sekali makanan Korea, seperi Kimchi, Bulgogi, Ramyun, Tokguk, Bibimbab, Kimbab, dan banyaaak lagi!! Belajar bahasa korea, juga belajar bermain kartu korea.

Nah teman-teman Smansa, saat ini musim gugur. Daun-daun berubah warnanya, cantik sekali. Disini suhunya bisa dingin sekali pernah menyentuh 0 derajat celcius. Tapi uniknya sekitar seminggu lalu saya merasakan salju pertama saya. Setelah melihat dan menyentuhnya secara langsung, saya bisa simpulkan dengan sangat yakin bahwa salju itu adalah ES SERUT!!! Asli deh enggak pake bohong salju itu kayak es serut. Rasanya melihat salju pertama itu kayak waktu kecil pas ulang tahun dikasih hadiah yang paling kita mau. Horeee!!!

Di sini saya bersekolah di West Davenport High School. Sekolah di sini sangat berbeda dengan di Indonesia. Mulai dari ke sekolah naik school bus, moving class, locker, kafetaria yang luas, sampai banyaknya pelajaran yang bisa kamu pilih. Saya mengambil US Government, Aljabar 2, Olahraga, AP Studio Art (semacam kelas seni rupa 2 dimensi), Desain Grafis, Bahasa Inggris. Disamping itu kita juga bisa pilih kelas-kelas unik lainnya. Seperti; Forensic Science, Industrial Arts, Interior design, Child Care, Cooking, Intrumental Music, Vocal Music, Drama,  Sculpture, Fashion Design, World History, dan lain-lainnya.

Hal yang menurut saya paling berbeda disini dan di Indonesia adalah kegiatan ekstrakurikuler yang sangat aktif. Disini para siswa sangat aktif di kegiatan ekstrakulikuler. Dan pilihannya pun sangat banyak. Mulai dari Sport yg sangat populer. Seperti Football, Basketball, Vally Ball, Atletic, Cross Country (Lari jarak jauh), renang. Koran sekolah, buku tahunan, Spanish Club, Cheerleaders, Dancing, Enviromental Club dll.

Saya sendiri bergabung dengan drama klub. Dan yang sangat mengejutkan mereka punya auditorium yang kapasitas 300 orang lebih. Pertunjukkan dipersiapkan sangat detail, mulai dari para aktor, music orchestra, lighting, property, stage crew, kostum, make up dan lainnya. Pengalaman pertunjukan pertama saya sangat menakjubkan. 


Ini auditorium sekolah ku, tempat penampilan drama musical ku yang pertama wizard of Oz ditampilkan.



Ini nih, para pemerannya, mulan dari glinda, The witches (penyihir), Dorothy, lion, Tinman, dan Scarecrow (orang-orangan sawah). Saya sendiri sebagai stage crew, kru panggung yang tugasnya memindahkan property, dan mengatur setting drama. Pengalaman yang sangat menyenangkan!

Selama saya disini, saya mengerti satu hal. Amerika memang keren, Tapi INDONESIA juga gak kalah  KEREN!! Kamu akan tahu betapa menyenangkannnya bisa di Indonesia, merasakan cuaca yg hangat hampir setiap hari, melihat sawah, disini yang saya lihat setiap hari adalah ladang jagung, gunung yang cantik, buah-buahan unik, satwa yang lucu juga makanan yang sangat beragam dan lezat. Budaya yang kaya. Ga ada habisnya Indonesia!!!



Begitu pula dengan Smansa, saya merindukan Smansa, merindukan guru-guru di Smansa, event smansa, juga teman-teman smansa. 

Salam besar buat kelas saya tercinta, Expose 12 IPS 1. Semangaaaat!! Love you guys.

Salam cinta! HIDUP INDONESIA, HIDUP SMANSA!!!

Jaya Wina

Iowa, 4 November 2013

***

Jaya Wina adalah pelajar SMAN 1 Purwakarta yang sedang menjalani pertukaran pelajar di Amerika Serikat. Mulai edisi ini, Wina akan berbagi pengalamannya kepada Mago Readers setiap edisinya!

Ikuti cerita Wina di akun Twitternya @JayaWina