Reportase: Perpisahan Formal 2014

Reportase: Perpisahan Formal 2014

Pada tanggal 28 Mei 2014 kemarin, diadakan acara Perpisahan Formal Siswa-siswi SMAN 1 Purwakarta 2014 dengan tema “Setra Karesmen Bentang-bentang 2013-2014”, di SMAN 1 Purwakarta. Acara ini dimaksudkan untuk melepas siswa-siswi SMAN 1 Purwakarta tahun 2014 dan sebagai tanda bahwa mereka sudah resmi lulus dan menjadi alumni.
Saat meliput, Mago mewawancarai beberapa perwakilan siswa dari Smansa’14 yaitu Kak Herdian, Kak Doni Dera dan Kak Fauzul. Beberapa perwakilan siswi Smansa’14 yaitu Kak Anisa, Kak Aisy, Kak Ifa dan Kak Uli. Selain itu, Mago mewawancara Pak Abu Khamid yang pernah mengajar Smansa’14. Mago juga mewawancara mantan Ketua OSIS dan Ketua MPK periode 2012-2013. Tidak lupa, Mago mewawancara siswa terbaik dari jurusan IPA dan IPS.

Sesi Wawancara

Mago sedang mewawancarai Kak Herdian

Mago sedang mewawancarai Kak Fauzul

Saat Mago mewawancarai Kak Doni Dera

Saat Mago mewawancarai Kak Anisa


Mago mewawancara Pak Abu

Mago lagi ngewawancara Siswa Terbaik
dari Jurusan IPA

Suasana Sebelum Memasuki Arena Prosesi
Sebelum acara dimulai, orang tua siswa dan para undangan terlebih dahulu menempati tempat duduk yang sudah disediakan. Sambil siswa-siswi Smansa’14 dan para guru berkumpul/berbaris di pelataran parkir sekolah.

Foto-foto dulu sebelum acara mulai

Panitia Divisi Keamanan sedang berjaga

Tim Seni Sunda sedang bersiap

Kak Herdian foto bersama Ketua OSIS

Orang tua siswa sedang mengisi daftar hadir

Arena prosesi



Berkumpul di pelataran parkir sekolah





Mrs Tatin & Bu Endah

Memasuki Arena Prosesi
Pada pukul 08.10 WIB, Kepala Sekolah bersama Ketua Komite dan Para Guru memasuki arena prosesi diiringi oleh Penampilan Seni Sunda. Disambung oleh kelas 12 sesuai urutan kelasnya masing-masing.

Kepala Sekolah & Ketua Komite bersiap
memasuki arena prosesi

Para Guru



Disambung siswa-siswi Smansa'14





















Foto dulu ah *cekrek

Red carpet nih





Hai Kakdev!

Kak Devita pernah jadi Pemimpin Redaksi Mago lhoo





Halo Kak Puka & Kak Eka

Kak Puka pernah jadi bagian dari Mago Magazine

Eh ada Kak Puput & Kak Nadia

Kak Puput & Kak Nadia juga pernah
jadi anggota Mago Magazine

















Bubungsu Smansa nih hihi




Acara Dimulai
Setelah semua sudah memasuki arena prosesi, MC membuka acara ini. Kali ini yang menjadi MC adalah Fajar dan Tifany Hana.

MC
Setelah membuka acara, MC mempersilahkan Aldo Hananda dan Femil Umeidini untuk membacakan ayat suci Al-Qur’an dan saritilawah. Lalu, pembacaan do’a oleh Bapak Kamal. 

Pembacaan ayat suci Al-Qur'an & Saritilawah


Pak Amin, Femil & Aldo

Setelah itu, penampilan Tim Paduan Suara SMAN 1 Purwakarta yang menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars SMANSA, dan Syukur.

Tim Padus

Setelah penampilan Tim Paduan Suara, yaitu laporan dari Ketua Panitia Pelepasan Siswa-siswi Tahun 2014. Dalam laporannya, Nabila Andriani menyebutkan bahwa acara ini merupakan wujud rasa syukur atas keberhasilan Kakak-kakak Smansa’14 dalam menempuh sekolah selama 3 tahun dan telah lulus Ujian Nasional.

Setelah laporan Ketua Panitia, hadirin disuguhi hiburan berupa penampilan tari jaipong oleh Ingeu. 

Ingeu, penari jaipong

Selanjutnya sambutan-sambutan. Pertama sambutan dari perwakilan siswa-siswi sebagai calon alumni oleh Putri Alya. Putri Alya mewakili teman-temannya untuk mengucapkan terima kasih kepada guru-guru atas bimbingan selama ini, dan berharap semoga siswa-siswi Smansa’14 menjadi pribadi yang membanggakan. 

Putri Alya mewakili siswa-siswi Smansa'14

Para Guru


Lalu sambutan dari Ketua Komite SMAN 1 Purwakarta, Bapak Alit. Pak Alit menyampaikan rasa syukurnya karena banyak siswa-siswi SMANSA’14 yang diterima di PTN, dan berharap semoga SMAN 1 Purwakarta eksis di Jawa Barat.

Pak Alit, Ketua Komite

Tim Seni Sunda
Setelah sambutan Ketua Komite, hadirin kembali disuguhi hiburan, yaitu penampilan Tim Seni SMAN 1 Purwakarta oleh orkestra biola.

Tim Orkestra

Nyanyi lagu Sunda


Selanjutnya sambutan kembali, dari Bapak Kepala Sekolah Drs. Gaos Suherman. Bapak Kepala Sekolah bangga atas prestasi siswa-siswi Smansa’14, dan memohon maaf atas kekurangan-kekurangan selama mendidik di SMAN 1 Purwakarta. Yang selanjutnya, sambutan dari Wakil Kepala Sekolah yaitu Bapak Abu. Terakhir, sambutan dari Wakil Bupati Purwakarta.
Pak Gaos sedang memberikan sambutan


Prosesi Pengalungan Medali
Setelah sambutan-sambutan selesai. Acara selanjutnya yaitu prosesi pengalungan medali alumni yang diwakili oleh 10 orang siswa-siswi terbaik dari kelas 12. Di mana prosesi ini dimulai dengan upacara adat.
Upacara adat








10 siswa-siswi terbaik tahun ini

Kepala Sekolah mengalungkan medali kepada siswa terbaik


Pak Widi sedang mengumumkan siswa terbaik
dari jurusan IPA & IPS *jengjengjeng
Siswa terbaik dari jurusan IPA & IPS tahun ini adalah
Rezha Kusuma & Arizal Zul Lathiif, yeaaay congrats!


Siswa terbaik foto bersama Kepala Sekolah,
Bu Lilis & Pak Widi

Setelah pengumuman siswa terbaik, Ibu Bapak Guru pun memberikan kejutan persembahan untuk Smansa'14 dengan cara bernyanyi bersama. Tim Paduan Suara kembali tampil menyanyikan lagu Kamu Terhebat, Don’t You Remember. 




Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengalungan medali kepada tiap siswa-siswi Smansa’14. Smansa’14 dipanggil perkelas untuk naik ke atas panggung, disebutkan namanya satu persatu sambil dikalungi medali oleh Wali Kelasnya masing-masing. Acara selesai pada pukul 12.00.

SMANSA'14 dan Mago
          Mago tidak mau menyiakan kesempatan untuk memotret kebahagiaan Kakak-kakak kelas di Perpisahan Formal. Mago juga berfoto bersama mereka.

Tim Mago Magazine yang meliput
Perpisahan Formal, Difa & Lia.

Lia & Tridian, Tim Redaksi
Mago Magazine.

Tridian & Kak Ifa

Kak Astika & Lia

FYI, Kak Syifa pernah jadi
anggota Mago Magazine lhoo.





Kak Puput & Kak Eni juga adalah senior kami












































*Reportase ditulis oleh Lia Elita, Tim Redaksi Mago Magazine
**Foto diambil oleh Difa, TridianLia, Tim Redaksi Mago Magazine