Artikel: 5 Cara Asyik Biar Betah di Sekolah Baru

Artikel: 5 Cara Asyik Biar Betah di Sekolah Baru

Musim sekolah udah tiba! Udah waktunya angkat tas sekolah, beresin buku dan pake seragam baru!

Eh tunggu, seragam baru?!?

Lah iya, karena di setiap awal tahun ajaran baru, bakal ada serombongan siswa yang masih canggung pakai baju putih abu datang ke sekolah kita. Mereka adalah siswa-siswi SMP yang kini telah menjadi siswa SMA. Hayooo, apakah kamu salah satu di antaranya?


By the way, jadi siswa baru tuh enggak mudah lho. Siswa baru tuh bakal menghadapi yang namanya belajar di lingkungan baru, diajarin sama guru-guru baru, jajan di tempat jajan baru, sampai yang paling penting nih; punya kakak kelas baru! Semua hal baru itu terkadang bikin kita enggak betah, bikin kita malu, khawatir atau bahkan takut sama kakak-kakak kelas yang keliatannya galak-galak. Huh, kalau sudah gitu rasanya ingin tetep SMP aja deh.

Weits, jangan takut dulu! Di artikel ini, Mago bakal kasih beberapa cara buat siswa baru agar betah dan nyaman bersekolah di lingkungan yang serba baru! Ssst, Mago juga bakal kasih trik menghadapi kakak kelas yang nyebelin lho hehehe. Soooo, check this ouuut!

Percaya Diri

Udah bukan hal asing lagi kalo biasanya siswa baru tuh cenderung malu-malu pas di sekolah. Ya maklum deh, untuk menghadapi hal serba baru kan perlu adaptasi, nah karena itu mungkin masih ada sedikit kecanggungan yang berefek ke perilaku kita yang jadi malu-malu kancing, eh, kucing, gitu.


Maluuuu
Tapiii, ada baiknya buat kamu untuk ngeganti malu-malunya dengan sikap percaya diri. Percaya deh, sikap percaya diri bakal membantu kamu untuk beradaptasi di lingkungan sekolah baru. FYI aja, orang yang punya sikap percaya diri bakal disegani dan disenangi sama temen-temen lainnya. Mereka bakal nganggep kamu tuh orangnya asyik, seru, dan gampang bergaul. Tapi yang mesti diinget, sikap percaya diri yang berlebihan juga enggak baik lho, salah-salah nanti kamu dikira sok asyik gitu, kan gak enak ya. Well, percaya dirilah sewajarnya ya!

Tebar Senyum Manis

“Senyum itu ibadah”. Pasti temen-temen udah gak asing sama hadis yang bilang seperti itu. Nah, ajaran yang baik itu ada baiknya jangan cuma kamu ingat, tapi harus dipraktekan. Senyum tuh gampang kok, caranya tuh tinggal tarik otot bibir kamu ke kiri dan kanan, terus jangan lupa naikan alis kamu supaya senyumnya semakin indah.

Cobain sekarang deh.

Tarik otot bibir kamu ke kiri dan kanan, terus jangan lupa naikan alisnya.

Senyum manis
Nah nah, iya bener kayak gitu. Gampang kan? ^^

Senyum manis kamu bakal membuat ibu bapak guru, kakak-kakak kelas dan temen baru berpikiran bahwa kamu adalah orang yang ramah. Kalau udah gitu, mereka bakal berlaku sopan dan baik sama kamu. Lagian siapa sih yang jahatin orang bersenyum indah? Gak ada kan? Mulai senyum yuk! :)

Sapa Kakak Senior

Kamuh kamuh tau gak sih kalau sebenernya kakak-kakak senior tuh pada ingiiin banget kenalan sama kamu, wahai siswa baru? Hah, gak tau? Wah serius deh, punya adik-adik kelas yang lucu-lucu ngegemesin tuh nyenengin banget buat mereka.  Rasanya ingin kenalan, tapi kalau mereka kenalan duluan, suka gengsi gitu. Kan mau jaga image hehehe.

"Aaaak, kakaaaaak, uwuwuwuw..."
Nah, kalau udah tau gitu, tugas kamu sekarang adalah menyapa mereka setiap kali berpapasan di selasar sekolah, masjid, kantin dan tempat-tempat lainnya di sekolah. Jangan lupa, sapa dengan sopan dan tambahkan senyum manis di bibir kamu. Wah, pasti kakak-kakak senior tuh gak bakal lagi deh pasang wajah garang, dan kamu jadi makin betah deh di sekolah. Asyik kan?

Dengerin dan Ngertiin Perkataan Guru

Tips ini wajib banget dipraktekin sama kamu!

Kamu pasti udah sadar bahwa setiap guru tuh punya pribadi dan karakter yang berbeda-beda. Nah, karakter yang berbeda itu berefek pada cara ngajar masing-masing guru yang unik dan berbeda satu sama lain. Ada guru yang senang kasih tugas, guru yang tegas, yang santai dan lain sebagainya.

Kalau bapak guru ini, karakternya gimana ya...
Nah kan sebagai siswa baru, kamu belum tau tuh karakter guru yang bakal kamu hadapi kayak gimana, maka cara terbaik untuk memahaminya adalah dengan dengerin dan mengerti baik-baik setiap perkataan yang keluar dari mulut ibunda dan bapak guru ketika di kelas. Dengan mendengar dan mengerti bapak/ibu guru, kita bisa bersikap berperilaku sesuai dengan apa yang bapak/ibu guru inginkan. Intinya sih, kita mesti nurut dan patuh dalam kebaikan kepada guru kita. Kalau udah gitu, kita bakal mudah tuh menyerap ilmu dari guru kita tercinta. Selamat memahami, ya!

Kenali Lingkungan

Satu pepetah tua bilang bahwa “tak kenal, maka tak sayang”. Pepatah yang tak lekang di makan zaman itu kalau dikaitin sama keadaan kamu sebagai siswa baru tuh emang bener banget. Kalau kita enggak kenal sama berbagai hal yang ada di sekolah baru, bakal lamaaa banget kita merasa sayang, dekat dan betah.

"SMA kita yang tercintaaa..."
Makanya, coba deh mulai besok, jelajahi tiap sudut sekolah baru kamu, temui hal baru, beramah-tamahlah enggak cuma sama guru dan temen-temen, tapi juga dengan pedagang, penjaga sekolah, petugas administrasi, ibu perpustakaan dan lain-lain. Pokoknya, harus kenal dan baik sama semua orang, biar nyaman dan betah di sekolah. Dicoba ya!

***

Nah, gitu. Lima cara itu mudah-mudahan bisa kamu coba langsung dalam ngebantu proses adaptasi kamu di sekolah. Mago harap sih, kamu enggak terlalu lama merasa terasing di lingkungan baru dan bisa langsung bersatu dengan denyut nafas kehidupan di sekolahmu yang baru. Kan bakal lebih asyik deh kalau kita bisa ngejadiin sekolah sebagai tempat ternyaman kedua setelah rumah. Let’s make school as sweet as home, Mago Readers!