Reportase: Smansa Knowledge Day

Reportase: Smansa Knowledge Day



Halo Mago Readers, kali ini Mago mau share salah satu kegiatan yang beberapa waktu lalu dilaksanakan di Smansa. Nama kegiatannya itu Smansa Knowledge Day.  Smansa Knowledge Day adalah lomba cerdas cermat yang diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas 10-12, masing-masing kelas mengirimkan 3 orang sebagai peserta. Smansa Knowledge Day ini salah satu dari rangkaian acara LOCA (Line Of Carnival Smansa).

Babak Penyisihan
Babak Penyisihan dilaksanakan tanggal 16 Agustus 2014. Semua peserta harus sudah ada di Smansa pukul 08.00 WIB untuk melakukan absen dan pukul 08.30 WIB peserta baru diizinkan memasuki ruangan test dan dapat mulai mengerjakan soal. Panitia menyediakan 145 soal ilmu pengetahuan umum, peserta diberi waktu 60 menit untuk mengerjakan soal. Setiap kelas mendapatkan satu pengawas untuk mengawasi mereka agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Di Babak Penyisihan ini ada 2 kelas yang didiskualifikasi karena tidak hadir, yaitu kelas 12 IPA 5 dan 12 IPS 3. Untuk sistem penilaiannya tidak ada sistem minus, kalau salah ya salah, benar ya benar. Setelah waktu habis, semua soal dikumpulkan kepada panitia dan peserta diizinkan meninggalkan ruangan test. Soal-soal tersebut langsung diperiksa oleh masing-masing pengawas kelas, akhirnya didapatkan 5 kelas dengan jumlah benar terbanyak yang lolos ke babak selanjutnya yaitu Babak Final.

Babak Final
Babak Final dilaksanakan tanggal 23 Agustus 2014, di Lapangan Sekolah. Pesertanya yaitu 5 tim yang lolos Babak Penyisihan, terdiri dari Tim A = 11 IPA 4, Tim B = 12 IPA 3, Tim C = 12 IPA 6, Tim D = 10 IPS 2, Tim E = 10 IPA 2.  Banyak siswa-siswi Smansa yang antusias untuk menonton kegiatan ini, walaupun cuaca panas. Pukul 09.30 WIB kegiatan dimulai, dengan MC-nya yaitu Kang Ali. Sebelum mulai ke soal, panitia meminta 2 orang perwakilan (selain peserta) dari masing-masing kelas untuk menjadi saksi bahwa belnya menyala. Selain itu, tata cara menjawabpun dibacakan. Tata caranya menekan bel sambil mengacungkan tangan. Di belakang peserta ada Dewan Pengawas untuk memantau agar tidak ada kecurangan.

Tim A

Tim B

Tim C

Tim D

Tim E

Babak ini terjadi dari 3 segmen. Teh Tifany sebagai pembaca soal menjelaskan bahwa Segmen pertama adalah Sistem Rebutan, jika benar nilainya 10, jika salah 0, apabila jawaban salah maka dilempar ke tim lain. Pertanyaan pertama di segmen ini langsung dijawab benar oleh Tim C, pertanyaan kedua disusul Tim D. Sudah beberapa pertanyaan, Tim A belum juga mendapatkan point nih. Akhirnya pertanyaan ke 8 bisa dijawab oleh Tim A dan jawabannya benar. Hasil akhir dari Seg 1 Tim A = 20, Tim B = 0, Tim C = 40, Tim D = 30, Tim E = 0.



Maka dapat disimpulkan bahwa Tim C unggul di segmen ini. Seteleh segmen 1 berakhir, diadakan break selama beberapa menit. Saat break, panitia mengadakan kuis untuk penonton. Kang Ali memberi pertanyaan “Kapan tahun didirikannya Smansa?”, yang terpilih menjawab adalah Kak Hanif 12 IPS 1 dan Kak Amel 10 IPA 6, jawaban mereka benar. Sebagai hadiahnya, mereka diberi voucher pulsa yang dapat ditukarkan di Ruang OSIS.

Acarapun dilanjutkan ke segmen kedua. Kali ini sistem penilaiannya berbeda, bila benar nilainya 10, bila salah -5. Sistem bel juga tidak berlaku, jadi peserta harus langsung mengacungkan tangan. Apabila tidak ada yang menjawab, maka pertanyaan diganti. Rupanya di segmen kedua ini Tim A B dan C bersaing, dengan hasil akhir Tim A = 35, Tim B = 30, Tim C = 30, Tim D = 15, Tim E = 15.





Setelah itu, break lagi dan kuis lagi untuk penonton. Kali ini pertanyaannya “Siapa Kepala Sekolah Smansa yang pertama?”, dan yang beruntung adalah seorang Kakak cewek dari kelas 11 IPA 5, Mago tidak tahu namanya hehe, maaf ya.

Segmen ketigapun dimulai. Segmen ini merupakan segmen Final atau penentuan siapa yang akan jadi Juara 1 Smansa Knowledge Day. Aturannya seperti aturan di segmen pertama. Dan hasilnya, yang unggul adalah Tim C yaitu 12 IPA 6 dengan jumlah nilai 140! Horeeee, selamat Tim C!



Sebelum berakhir, Kang Ali kembali memberi penonton pertanyaan kuis yaitu “Apa nama pertama SMAN 1 Purwakarta?”, dan yang berhasil menjawab adalah Kak Sansan yang saat itu sedang meliput juga hehe. Kegiatan inipun berakhir pukul 10.45 WIB.



*Ditulis oleh Shelda Iswara & Lia Elita (@sheldaiswr & @LiaElro), Tim Redaksi Mago Magazine
**Foto diambil oleh M Ikhsan (@MIkhsanM), Tim Redaksi Mago Magazine