Reportase: Smansa National Day & Smansa Corat-coret

Reportase: Smansa National Day & 
Smansa Corat-coret



Haloooo, Mago Readers! Akhir-akhir ini, di Smansa ada banyak event nih. Event tersebut masuk ke dalam rangkaian acara yang disebut LOCA (Line of Carnival SMANSA). LOCA ini merupakan rangkaian acara untuk memperingati Hari Ulang Tahun SMAN 1 Purwakarta yang ke-57. Event LOCA yang sudah terlaksana di antaranya Buka Bersama & Bakti Sosial, Poster Competition, Smansa National Day, Smansa Corat-coret, dan Knowledge Day.

Sekarang Mago mau ngasih reportase acara Smansa National Day & Smansa Corat-coret nih, disimak ya!



Sebelumnya Mago mau ngejelasin dulu apa itu Smansa National Day & Smansa Corat-coret. Smansa National Day adalah event untuk memperingati HUT Republik Indonesia ke-69, di event ini diadakan lomba-lomba kerakyatan seperti yang biasa ada di lomba 17 Agustus-an. Sedangkan Smansa Corat-coret adalah event perlombaan antar kelas untuk mengekspresikan diri dengan cara mencorat-coret tong sampah yang sudah disediakan oleh panita. Tapi ga asal corat-coret ya hehe, corat-coretnya tentu aja yang kreatif. Kedua event tersebut dilaksanakan di waktu yang bersamaan, tepatnya tanggal 18 Agustus 2014. Jadi, hari Senin itu kita disuruh bawa baju olah raga. Setelah upacara, kita dikasih waktu untuk ganti baju sambil panitia menyiapkan untuk perlombaan. Setelah siap, semua siswa-siswi kelas 10, 11, 12 turun ke lapangan tepatnya pukul 9.30 WIB acara dibuka. Sebelum perlombaan dimulai, kita disuguhi hiburan dulu nih oleh 2 band dari kelas 12 dan kelas 10, buat pemanasan kali ya supaya kita semangat! Lalu, MC Smansa National Day (Kak Raka 12 IPS 2 & Kak Savira 12 IPS 3) membuka acara. By the way, untuk Smansa National Day kita dikelompokkan sesuai angkatan dan jurusan. Misalnya Kelompok 1 (12 IPA 1 - 11 IPA 1 – 10 IPA 1), pengelompokkan seperti itu dimaksudkan agar kita saling mengenal adik/kakak kelas dan untuk meningkatkan solidaritas.



Lomba yang pertama, yaitu lomba Menara Sedotan. Jadi beberapa orang perwakilan kelompok harus membuat menara setinggi dan sekokoh mungkin dari sedotan. Sementara perlombaan Smansa National Day berlangsung, beberapa orang perwakilan kelas dipanggil untuk Smansa Corat-coret. Panitia memberikan tong sampah kepada peserta Smansa Corat-coret. Harusnya sih warna dasarnya putih, tapi ada juga yang tidak menggunakan warna dasar putih. Lomba Smansa Corat-coret ini diberi waktu selama seminggu.





eksis pake tongsis dulu aaah ^^



        Kembali ke Smansa National Day. Selain lomba Menara Sedotan, ada juga lomba lain yang tak kalah seru seperti lomba Makan Kerupuk dan Tarik Tambang, tapi Lomba Tarik Tambang ga jadi karena tambangnya putus hehe. Sayangnya, di perlombaan ini tidak ada pemenang dan ada beberapa lomba yang tidak jadi diadakan karena ketidak kondusifan peserta. Seperti lomba Paku In The Bottle, Egrang dan Kursi Goyang. Banyak peserta yang malah menonton saja dari lantai atas atau depan kelasnya. Jadi acara tidak berjalan efektif.




        Acara ini berakhir pukul 14.30 WIB dengan penutupan oleh Bu Lilis. Terima kasih kepada OSIS-MPK yang sudah mengadakan event seru ini, semoga tahun depan lebih seru lagi yaaa!


*Reportase ditulis oleh Lia Elita (@LiaElro), Tim Redaksi Mago Magazine

**Foto diambil oleh Qonita Rabbani (@QonitaRabbani), Tim Redaksi Mago Magazine