Reportase: GEMPA, Pemilihan Umum Ketua OSIS Periode 2014-2015

Reportase: GEMPA, Pemilihan Umum
Ketua OSIS Periode 2014-2015



 GEMPA!!! It's time to make a choice! Mun teu nyoblos, gempa nyaanan!!!

Pagi-pagi, Akang Teteh OSIS-MPK berkumpul di lapangan. Siap dengan name tag dan seragamnya yang rapih. TPS diatur rapih dan tak lupa tinta untuk para pemilih. Dengan segala persiapan yang sudah siap. Yap, ini artinya pemilihan umum Ketua OSIS Periode 2014/2015 dimulai! Udah pada nyoblos kan? Soalnya kalo nggak, nanti gempa beneran! (Jeng... Jeng... Jeng... Jeng)



Kamis tanggal 9 Oktober kemarin, OSIS-MPK Smansa mengadakan Pemilihan Ketua OSIS Periode 2014/2015. Pemilihan Ketua OSIS ini dilaksanakan di lapangan SMAN 1 Purwakarta. Jadi semua warga sekolah dapat melihatnya secara langsung. Selama pemilihan berlangsung, siswa/siswi Smansa melaksanakannya dengan tertib sehingga acara ini berjalan lancar.

Pertama-tama, perwakilan MPK datang ke setiap kelas sesuai dengan urutan kelas. Para pemilih ini dikumpulkan di lapangan dan dipersilahkan duduk sambil menunggu giliran. Urutan siswa yang dipanggil untuk memilih ini berdasarkan absen, jadi pemilihan berjalan tertib. Sebelum siswa/siswi mencoblos, mereka terlebih dahulu menandatangani daftar hadir, setelah itu mereka masuk ke bilik suara yang sudah disediakan. Di bilik suara,  sudah disediakan paku dan surat suara. Nah, di situlah siswa/siswi Smansa menentukan pilihan mereka dengan jurdil tanpa ada paksaan dari orang lain! Ini menentukan Smansa untuk satu periode kedepan! (Jeng... jeng)





Setelah menentukan pilihannya, barulah saatnya jari kelilngking siswa-siswi diberi tinta ungu, jadi menyerupai pemilihan umum yang dapat dijadikan pembelajaran untuk kita. Jika sudah selesai, siswa-siswi  dapat kembali ke kelasnya masing-masing.




Pemungutan suara dimulai dari pukul 7.30 WIB sampai dengan pukul 14.30 WIB, dilanjutkan dengan penghitungan hasil suara secara live. Yap betul sekali, semua siswa dikumpulkan di lapangan dan duduk lesehan diterpal. Walaupun kepanasan, siswa/i terlihat antusias untuk melihat proses penghitungan, sambil harap cemas apakah pilihannya akan mendapatkan suara terbanyak. Sementara siswa-siswi duduk lesehan, para Calon Ketua OSIS dan guru dipersilahkan duduk di depan audience. Sebelum dimulai proses penghitungan, Bapak Kepala Sekolah memberikan sambutan. Barulah setelah itu penghitungan suara dimulai. Satu persatu surat suara dikeluarkan dan dibuka, apakah sah atau tidak sah, lalu ditulis sesuai calon yang dipilihnya.




Sekitar pukul 16.30 WIB, penghitungan suara selesai dan hasilnya diumumkan! Calon Ketua OSIS yang mendapatkan suara terbanyak adalaaaah (jeng jen) Kang Rayhan! Yeaaaaah congrats Kang Rayhan! Siswa-siswipun bertepuk tangan atas hasil penghitungan suara tersebut. Kang Bizar menempati posisi ke 2, Teh Widia ke 3 dan Teh Adis ke 4. Selamat untuk semuanya! Setelah itu Kang Rayhan memberikan pidato singkat atas kemenangannya, Mago Readers. Setelah kang Rayhan, dilanjukan oleh Ibu Lilis. Setelah itu rangkaian acara Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Purwakarta Periode 2014-2015 selesai, yeeaaay! Finally we got the new leader guys! Syukur tidak terjadi GEMPA di Smansa hehehe.



Sekali lagi, selamat untuk Kang Rayhan karena telah menjadi Ketua OSIS terpilih untuk satu periode ke depan. Semoga visi misi Kang Rayhan dapat terealisasikan dengan lancar dan  dapat menjadi pemimpin yang ideal untuk Smansa, aamiin!



*Reportase ditulis oleh Balqis Khania (@balqiskhn), Tim Redaksi Mago Magazine

**Foto diambil oleh Indri Septiani (@indri_sept), Fotografer Mago Magazine