Artikel: Hari Pers Nasional






Readers, ada yang udah tau soal Hari Pers Nasional?

Pers dapat diartikan sebagai media bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya melalui berbagai jenis media, baik cetak maupun elektronik. Berkaitan dengan proses mengumpulkan,mengolah dan menyiarkan informasi atau yang dapat disebut sebagai jurnalistik pers memiliki peran aktif dalam upaya pemenuhan kebebasan berpendapat, sarana dalam menyampaikan kritik sosial, serta sarana dalam mendapatkan informasi yang benar tanpa melupakan norma dan aturan yang berlaku.

Perkembangan pers di Indonesia dimulai sejak didirikannya kantor berita ANTARA pada tanggal 13 Desember 1937. Pers sebagai media penyalur aspirasi dan wadah dalam menggalang opini umum yang berkembang dimasyarakat mampu membangkitkan semangat juang para pemuda dalam merebut kemerdekaan pada saat itu.

Readers! Tanggal 9 Februari yang diperingati sebagai Hari Pers Nasional diadakan di kota kota yang berbeda setiap tahunnya, pada tahun 2016 HPN diselenggarakan di NTB. Peringatan Hari Pers Nasional yang selalu berlangsung meriah dapat sekaligus mempromosikan lokasi wisata khususnya di kota tempat terselenggaranya HPN. Bagi Masyarakat sekitar, pemilihan pantai Mandalika Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai lokasi terselenggaranya Hari Pers Nasional dapat dirasakan dampaknya terutama bagi sektor ekonomi. Banyaknya jumlah tamu undangan yang hadir meningkatkan jumlah penyewaan penginapan hingga 70 persen selama HPN berlangsung, hal ini membawa angin segar bagi pariwisata Lombok yang ditargetkan meningkat pada tahun 2016.

Mengusung tema yang berbeda, HPN yang dihadiri oleh Presiden Indonesia dan ratusan wartawan baik nasional maupun internasional juga diharapkan mampu membangun optimisme masyarakat dalam pembangunan Indonesia kedepan, sesuai pesan yang disampaikan oleh Bapak Joko Widodo pada pidatonya .

Sudah siap kalau Hari Pers Nasional tahun depan diselenggarakan di kotamu, Readers ?XD

*artikel oleh : Fardiah Qonita
poster oleh : Indri Septiani