Reportase: SMANSA’17 Acoustic Festival!



Halo Mago Readers! Tahu kan tanggal 30 April kemarin ada acara apa? Yap betul sekali! SMANSA’17 Acoustic Festival! Acara ini diadakan sesuai dengan pembelajaran yang ada dalam kurikulum 2013 dikelas 11 yaitu  ‘Song Apreciation’. Dengan mengusung tema ‘Bring the Creativity for the Bright Future’ peserta diberikan kebebasan untuk bermusikalisasi, berimprovisasi, berkreatifitas bahkan sebisa mungkin memodifikasi lagu dan ditampilkan dalam kemasan yang baru.
Penampilan pada acara ini diisi oleh seluruh kelas 11, mulai dari 11 IPA 1 sampai ke 1 IPS 3, yang sudah diseleksi terlebih dahulu melalui audisi, sebagai guru pembimbing Pak Engkos mengaudisi peserta berdasarkan penilaian dalam 3 aspek yaitu pronounciation, koreografi dan musikalitas.
SMANSA’17 Acoustic Festival berlangsung sejak pukul 08.30 WIB sampai 15.10 WIB di lapangan SMA Negeri 1 Purwakarta. Acara ini dibawakan oleh 2 MC yaitu Kak Raka dan Kak Natasya. Sebagai pembuka, acara ini demeriahkan oleh  HEADWAY dan ACOUSTIC COLOSSAL ’17, lalu sambutan dari kepala sekolah, Bapak Gaos, dan barulah acara inti yaitu penampilan para peserta sampai selesai yang diselang oleh ISOMA pukul 12.00-13.00 WIB.

                                 Penampilan dari HEADWAY dan ACOUSTIC COLOSSAL

Halo kak Rachel dan Kak Shofy :)


Acara Acoustic Festival ini dipersiapkan kurang lebih tiga minggu dengan dana Rp.4.320.000,-00 yang diperoleh dari iuran siswa kelas 11 sebagai partisipan yang telah disepakati bersama. Pak Engkos sebagai guru pembimbing, ditantang oleh wakahumas yaitu Pak Suradi untuk menyelenggarakan kembali Acoustic Festival dengan membawa seluruh wilayah 4 meliputi Purwakarta, Karawang, Subang dan Bekasi.
Event ini terselenggara cukup lancar, walaupun ditengah teriknya matahari, para siswa rela untuk memberi dukungan bahkan sampai merekam dan mengambil foto dari para peserta yang sedang tampil. Karena ini acara musik, maka dapat dinikmati di beberapa sudut sekolah tidak hanya didepan panggung. Beberapa kelas menggunakan waktu luang mereka untuk berfoto bersama bahkan Pak Engkos ikut berfoto juga lho, asyik kan??

 Penampilan dari kelas 11 IPA 8
 Kelas 11 IPA 4 & Pak Engkos :))
 Diakhir acara sekitar pukul 2.55 WIB  semua siswa berkumpul di depan panggung, menunggu pengumuman pemenang Acousic Festival, kali ini tidak hanya Kak Raka dan Kak Natasya saja yang menjadi pembawa acara tapi juga Pak engkos ikut angkat mic, rasa yang deg-deg-an jadi tercairkan oleh Pak Engkos yang berinteraksi dengan siswa, sampai-sampai tawa pun pecah. Sore itu benar-benar, lelah, deg-deg-an, senang, dan puas beracampur aduk. Namun terasa sirna, eaaa..., nah ini dia gais foto-foto para pemenang, selamat yaaa....



  
 Menurut peserta, acara ini sangat bermanfaat, selain untuk mengisi waktu luang, Acoustic Festival juga menjadi ajang penyaluran bakat, khususnya bakat dalam menari, menyanyi, dan bermain music. Adapun pendapat dari penonton agar seluruh warga SMANSA dapat berpartisipasi supaya acara dapat berlangsung lebih meriah lagi.
Banyak dari peserta yang mengharapkan agar Acoustic Festival ini diadakan lagi tahun depan dengan sarana dan prasarana yang lebih lengkap dengan susunan acara yang lebih meriah, dengan begitu semua warga SMANSA dapat menjadi lebih kreatif dan tidak malu lagi untuk tampil di depan umum.

**Artikel: Mutiara Aschi
    Foto    : Farhan Amarrahman
                  dokumentasi pribadi Pak Engkos