Artikel: Tips-tips Ampuh Agar Puasa Terasa Menyenangkan


Halo mago readers!
Kali ini Mago akan membawa tips-tips untuk kamu yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan lho.

Bulan Ramadhan, tentunya merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim.  Bagaimana tidak, dibulan ini banyak sekali tradisi yang hanya dapat ditemui selama bulan Ramadhan, seperti sholat tarawih, puasa, pawai bedug. Tentunya akan ada suasana berbeda setiap Ramadhan tiba, kaya ada manis-manisnya gitu. Uhhh… ngomong – ngomong soal puasa, Mago punya beberapa tips agar puasa kalian terasa enteng dan menyenangkan, Simak terus tips yang Mago kasih yaa!, 

  •   Habis sahur,jangan tidur lagi




Yaa..mungkin kebanyakan dari kita akan tidur setelah sahur, tapi disarankan untuk tidak dibiasakan, karena tidak baik memanjakan diri dengan tidur saat berpuasa, lebih baik kita beraktivitas ringan, yang akan membuat puasa lebih segar dan ringan.
  •  Mengakhirkan waktu sahur


Tujuan kita sahur adalah untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup saat berpuasa. Selain melaksanakan sunnah, mengakhirkan waktu sahur juga memiliki manfaat yaitu agar energi dari makanan yang dimakan saat sahur akan lebih tahan lama, dan puasa kita pun menjadi kuat karena cukupnya tenggang waktu untuk membakar makanan menjadi energi.

  • .       Mengkonsumsi karbohidrat kompleks



Ada yang tahu apa itu karbohidrat kompleks? Karbohidrat kompleks ialah jenis karbohidrat yang tidak langsung dicerna oleh tubuh, yang tersusun dari rangkaian kompleks yang harus dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi tubuh. Yap..dari artinya saja kita sudah bisa tahu, kalau karbohidrat kompleks berguna sebagai sumber energi tubuh, energi tubuh ini akan membuat kita berpuasa dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat dan tentunya akan merasa kenyang lebih lama. Jenis makanan yang berkarbohidrat kompleks ini adalah yang memiliki serat tinggi. Contohnya adalah Beras merah, gandum, oat, jeruk, brokoli, dll.


  • .       Mengkonsumsi makanan berprotein


Makan makanan yang mengandung protein sangat penting selain untuk memenuhi nutrisi tubuh selama berpuasa ternyata juga bermanfaat bagi pemulihan tubuh setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Konsumsi makanan yang seimbang ketika berpuasa juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan nih hehe bagi kamu yang ingin diet.

  • .       Hindari dehidrasi




Untuk menghindari dehidrasi, kita harus mengkonsumsi cairan minimal 2 liter per hari. Akan lebih baik cairan tersebut berupa air putih, maka dari itu perbanyak minum air putih saat sahur.
Dan hindari tempat yang panas, karena itu juga akan menyebabkan dehidrasi berlebihan. Dan otomatis tubuh pun akan lemas dan mudah lelah.

  • .       Atur pola tidur




Mengantuk pada saat berpuasa merupakan hal yang wajar karena, pada saat berpuasa pasokan oksigen berkurang. Pasokan oksigen, sangat dipengaruhi oleh asupan cairan dan makanan yang masuk. Salah satu cara mengatasi rasa kantuk ketika berpuasa yaitu mengatur pola tidur, dengan tidur siang dan tidur sebelum larut malam.

  • .       Mengurangi kandungan garam pada makanan




Mengurangi kandungan garam, akan membuat kita lebih tahan dehidrasi, dan lebih tahan lapar. Jadi kurang – kurangi yang asin asinya yaaa...

  • .       Berolahraga




Loh kok berolahraga? Olahraga kan bikin capek, nanti malah lemes lagi badannya. Eits jangan salah sangka dulu, olahraga saat berpuasa justru gak buat capek loh. Karena olahraga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar
,karena tidak dibiasakan untuk bermalas -malasan. Kamu cukup sisakan waktu 15 menit sebelum berbuka puasa.

  • .       Menyegerakan berbuka puasa dengan yang manis - manis


Setelah seharian berpuasa, tubuh akan kekurangan banyak asupan, sangat dianjurkan untuk brebuka dengan air putih dan makan makanan yang manis-manis, lho kok nggak makan nasi duluuu?? alasannya pertama, air putih; pengganti ion-ion dan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa, makanan manis; tidak seperti karbohidrat kompleks seperti nasi, makanan manis mengandung glukosa, bentuk karbohidrat paling sederhana, yang mudah dicerna oleh tubuh, sehingga mudah me-re-charge energi dalam tubuh. 

Nah itulah tips - tips cermat dari Magomagz, SEMOGA BERMANFAAT!
SEE YOU MINGGU DEPAN…
Dengan tips2 yang bermanfaat lainnya!!!


sumber foto: http://www.gudangkesehatan.com/fakta-unik-saat-tidur-dapat-mempelajari-berbagai-bahasa/
http://abiummi.com/doa-berbuka-puasa-ramadhan-yang-diajarkan-rasulullah-saw/
https://murykuswari10.wordpress.com/2012/10/07/hiit-high-intensity-interval-training/
http://www.amazine.co/wp-content/uploads/2011/10/Garam.jpg
http://blog.8share.com/id/komik-yuk-sambut-ramadhan/
http://www.kusuka.com/2015/10/12/tips-hindari-dehidrasi-saat-lari/
http://www.m.webmd.com/food-recipes/rm-quiz-protein-myths-facts
http://miamine95.blogspot.com/2013/11/ingin-menjaga-bentuk-tubuh-harus-atur.html?m=1
http://m.detik.com/food/read/2013/05/16/175427/2248096/900/diet-karbohidrat-ternyata-lebih-efektif-membakar-kalori
http://m.tribunnews.com/lifestyle/2014/06/09/makan-secukupnya-pada-jam-seharusnya-makan-ini-porsi-ideal-untuk-diet
http://masakanlezat.com/wp-content/uploads/2015/06/resep-bubur-mutiara-jahe-masakan-lezat.jpg
https://m.tempo.co/read/news/2015/06/19/152676473/takjil-gratis-dibagikan-di-bandara-soekarno-hatta



Ketikanjari :Anggita Ananda Kirei