Trivia Cl[O]utasium


Pada tanggal 18 Agustus 2016 lalu SMAN 1 Purwakarta mengadakan acara Cl[O]utasium dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-71. Acara yang diadakan di kampus SMAN 1 Purwakarta tersebut diikuti oleh semua murid SMAN 1 Purwakarta dan jajaran guru. Dengan menghadirkan banyak lomba dan acara yang seru. Seperti bazzar, lomba makan kerupuk, dan masih banyak lomba-lomba lainnya yang sangat seru.

Nah karena acara ini memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-71 maka tim Mago Magazine mengadakan trivia kepada beberapa murid SMAN 1 Purwakarta, yaitu Miranti, Diego, dan Bagus. Dengan pertanyaan yang pastinya berhubungan dengan serba-serbi kemerdekaan Indonesia. Berikut ini hasil trivia yang dilakukan oleh tim Mago Magazine.

1.      Siapa penulis lagu kebangsaan Indonesia ?
Miranti : W.R Supratman
Diego  : Uhh Supratman !
Bagus  : W.R Supratman

2.      “Betul semua ! Beliau menciptakan lagu Indonesia Raya.” Terus tahun 2016 ini Indonesia berusia berapa tahun ?
Miranti: 71
Diego  : 71
Bagus  : 71 tahun

3.      “Tepat sekali !” Selanjutnya, kalian tau gak siapa yang menurunkan bendera pusaka kemarin ?
Miranti : Ehh ngga tau
Diego  : Gloria? Pass deh pass
Bagus  : Ngga, ngga tau


4.      “Wahh ngga ada yang tau hehe. Yang menurunkan bendera pusaka kemarin itu Ilham Massaid, Alldi Padlyma dan Amarik Fakhri.”  Lanjut ya, siapa bapak proklamator Indonesia ?
Miranti : Lupa lagii
Diego  : Soekarno-Hatta !
Bagus  : Ehh lupa

5.      “Waah Diego aja yang benar, ingat ya bapak proklamator kita itu Soekarno-Hatta.” Yang terakhir nih, dimanakah alamat tempat naskah proklamasi pertama kali dibacakan?
Miranti : Ngga tauu
Diego  : Jalan pegangsaan no. 45 Jakarta Timur
Bagus  : Jakarta


            Walau ada beberapa pertanyaan yang gak bisa dijawab tapi itu bukan akhir segalanya. Masih ada banyak waktu untuk kembali belajar tentang sejarah kemerdekaan Indonesia dari dulu hingga sekarang. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, dan sebagai generasi muda penerus bangsa sangat wajiblah untuk kita agar mengetahui sejarah negara kita yang tercinta ini yaitu Indonesia.