Frequently Asked Question

Mago itu apa sih?

Mago adalah sebuah media kreatif yang berbentuk majalah dinding online yang bertujuan mewadahi kreativitas siswa SMAN 1 Purwakarta. Majalah dinding online Mago Magazine memadukan unsur jurnalistik dan broadcasting. Mago Magazine terbit secara online, dengan membahas tema yang berbeda di setiap edisinya.

Format Mago meniru majalah dinding yang ada di sekolah kamu. Rubriknya pun hampir mirip dengan majalah dinding. Ada cerpen, puisi, artikel, kartun, graffiti, karikatur dan lain-lain. Tapi di Mago dapat menampilkan hal yang enggak ada di mading sekolah, misalnya fotografi dan video. Itu yang menjadi perbedaan Mago dan majalah dinding sekolah.

Apa latar belakang dibuatnya Mago Magazine?

Latar belakang? Cuma satu; karena kami gerah melihat majalah dinding SMAN 1 Purwakarta yang enggak lagi aktif! Mago sadar, banyak siswa yang memiliki bakat bukan hanya di bidang akademis, tetapi juga di bidang non-akademis. Banyak dari mereka memiliki keahlian dalam menggambar, berpuisi, mengarang cerpen, bernyanyi, menari daaaaaan lain-lain. Maka dari itu, Mago ingin dengan adanya Mago Magazine, bakat non-akademis siswa SMAN 1 Purwakarta bisa tersalurkan dan dilihat oleh banyak orang di media internet yang dapat diakses oleh siapapun.

Alesan kedua sih karena Mago sering sebel karena banyak sekali event di SMAN 1 Purwakarta yang enggak terdokumentasi dengan baik. Mungkin ada sih dari Pengurus OSIS yang mendokumentasikannya, namun sering setelahnya siswa tidak dapat melihat kembali kegiatan tersebut. Padahal banyak lho event di Smansa yang keren dan patut untuk dikenang kembali.

Mago itu organisasi sekolah atau bukan?

Bentuk Mago sebagai organisasi saat ini belum resmi menjadi bagian dari SMAN 1 Purwakarta.

Kapan Mago mulai terbit?

Mago pertama dibentuk di bulan Pebruari dan terbit untuk pertama kalinya tanggal 14 Pebruari dengan mengangkat tema Valentine’s Day.

Kenapa namanya ‘Mago’?

Mago diambil dari bahasa Spanyol, yang berarti penyihir (magician). Filosofinya sih, supaya pembaca yang membaca Mago bisa ‘tersihir’ setelah mendapatkan sesuatu yang ajaib. Tersihir disini maksudnya terinspirasi yaaa. Hehe.

Apa sebenarnya tujuan Mago?

Mago ingin menyalurkan kreativitas siswa SMAN  1 Purwakarta. Mago melihat banyak bakat yang dimiliki oleh siswa SMAN 1 Purwakarta, namun Mago merasa belum banyak kegiatan yang secara khusus dan teratur menyalurkan bakat siswa, khususnya di bidang sastra. Maka Mago disini ingin tampil sebagai wadah yang menyalurkan semua bakat siswa, enggak hanya di bidang sastra, tapi juga di bidang seni lainnya.

Mago juga ingin mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang ada di SMAN 1 Purwakarta agar bisa dilihat dan dibaca kembali oleh kalian dan kakak-kakak alumni yang rindu dengan SMAN 1 Purwakarta.

Mago artikelnya masih banyak kekurangan nih!

Iya, Mago juga sadar sih. Bukan hanya artikel yang belum sempurna lho, tapi banyak ejaan di berbagai rubrik, tata cara penulisan maupun ide yang ada di rubrik yang belum sempurna dan banyak kesalahan. Mago juga sering telat update tentang kegiatan yang Mago liput. Untuk itu Mago mohon maaf, Mago menyadari seluruh kru Mago masih perlu banyak belajar dalam berbagai hal. Mengenai kegiatan yang belum di update, mohom maaf dan maklum juga ya. Kesibukan kru Mago sebagai pelajar menghambat proses penulisan dan penyusunan kegiatan. Semua itu bukan alasan yang Mago jadikan pembelaan, tapi kekurangan yang Mago mohon pembaca semua maklumkan. J

Kalau mau jadi kru Mago bagaimana caranya?

Gampang. Tinggal ketik REG spasi Mago kirim ke 9288. Hehe becanda. Buat kamu yang berminat, boleh banget menjadi bagian tim redaksi Mago Magazine. Asalkan kamu punya minat dan kemauan yang besar di bidang jurnalistik dan broadcasting, silahkan gabung ke tim redaksi Mago.

Kalau malas jadi tim redaksi tapi mau nyumbang cerpen, puisi dan artikel aja gimana?

Boleh banget. Kirim ke email Mago di magomagz@ymail.com, pasti Mago tampung dan Mago akan terbitkan. Mago juga akan promosikan akun Twitter kamu. Lumayan kan buat nambah-nambah followers. Hehe. Eh jangan lupa mention Mago di @MagoMagz untuk memberitahu jika kamu telah mengirimkan karya kamu.

Jadi, ayo ambil pena dan kertas. Buat karya kamu sekarang juga!


PS: Ada pertanyaan tambahan yang masih ingin kamu tanyakan? Bisa kamu tulis pertanyaannya di kolom komentar atau tanya lewat mention Mago di Twitter ya.